Salah satu kompetensi yang diperlukan pada pembelajaran Abad-21 adalah keterampilan kolaborasi. Keterampilan ini melatih agar peserta didik dapat bekerja sama dan bertoleransi dalam kegiatan diskusi berkelompok. Penelitian ini merupan Penelitian Tindakan Kelas (PTK) yang betujuan untuk mengetahui keterampilan kolaborasi peserta didikĀ melalui model pembelajaran Project Based Learning (PjBL) pada peserta didik kelas 5 SD 04 Bulungcangkring. Subjek penelitian terdiri dari 39 peserta didik. Teknik pengumpulan data dilakukan dengan cara kualitatif dan kuantitatif. Penerapan model pembelajaran PjBL dilakukan melalui 2 siklus yang terdiri dari perencanaan, tindakan, pengamatan, dan refleksi. Keterampilan kolaborasi pada penelitian pra siklus menunjukkan rata-rata sebesar 59% peserta didik yang memiliki keterampilan kolaborasi yang baik. Setelah dilakukan Tindakan siklus I rata-rata kemampuan dalam berkolaborasi menjadi 71%. Setelah dilakukan Tindakan siklus II keterampilan kolaborasi meningkat sebesar 85%. Hasil tersebut menunjukkan adanya peningkatan keterampilan kolaborasi pada kelas 5 SD 04 Bulungcangkring dengan menggunakan model pembelajaran PjBL pada mata pelajaran IPAS materi sistem pencernaan.
Copyrights © 2025