Penelitian ini bertujuan untuk memetakan lanskap literatur ilmiah mengenai digitalisasi manajemen pendidikan dengan fokus pada implikasinya terhadap administrasi sekolah dan pengembangan sistem pintar. Dengan menggunakan pendekatan bibliometrik terhadap data publikasi dari basis data Scopus dan visualisasi melalui perangkat lunak VOSviewer, studi ini menganalisis pola ko-kata kunci, tren temporal, kolaborasi antar penulis, dan kerja sama antar negara. Hasil analisis menunjukkan bahwa istilah seperti education management, digitalization, dan e-learning mendominasi diskursus ilmiah, sedangkan topik-topik baru seperti blockchain, efficiency, dan management systems mulai mendapatkan perhatian pada periode 2023–2024. Pusat kolaborasi ilmiah masih terfokus pada negara-negara seperti Rusia dan Tiongkok, dengan jejaring kolaborasi global yang masih terbatas. Temuan ini menegaskan perlunya kolaborasi lintas negara dan pendekatan multidisipliner untuk memperkuat inovasi sistem pendidikan berbasis digital yang berkelanjutan dan adaptif.
Copyrights © 2025