JURNAL TARBIYAH
Vol 31, No 1 (2025)

PENGARUH MODEL PEMBELAJARAN KOOPERATIF TIPE THINK PAIR SHARE TERHADAP KEMAMPUAN PEMECAHAN MASALAH MATEMATIS BERBASIS GAYA BELAJAR DI SD IT TAHFIZHIL QUR’AN YAYASAN ISLAMIC CENTRE SUMATERA UTARA

Siahaan, Asrifah (Universitas Negeri Medan)
Mukhtar, Mukhtar (Universitas Negeri Medan)
Simamora, Elmanani (Universitas Negeri Medan)



Article Info

Publish Date
05 Jul 2025

Abstract

Penelitian ini bertujuan untuk menganalisis pengaruh model pembelajaran kooperatif tipe Think Pair Share (TPS) terhadap kemampuan pemecahan masalah matematis siswa ditinjau dari gaya belajar. Gaya belajar siswa diklasifikasikan menjadi dua kelompok, yaitu gaya belajar teoritis (divergen dan asimilasi) dan gaya belajar praktis (konvergen dan akomodasi). Penelitian ini menggunakan metode penelitian kuasi eksperimen dengan desain faktorial 2x2. Subjek penelitian terdiri atas dua kelas, yaitu kelas eksperimen yang diberi pembelajaran model kooperatif tipe Think Pair Share (TPS), dan kelas kontrol yang diberi pembelajaran Biasa. Instrumen yang digunakan terdiri dari angket gaya belajar, pretest, dan posttest kemampuan pemecahan masalah matematis. Hasil penelitian menunjukkan bahwa: (1) siswa yang belajar dengan model kooperatif tipe Think Pair Share (TPS) memiliki kemampuan pemecahan masalah matematis yang lebih baik dibandingkan siswa yang diberi pembelajaran biasa; (2) terdapat perbedaan kemampuan pemecahan masalah matematis antara siswa dengan gaya belajar teoritis dan praktis, di mana siswa bergaya belajar praktis menunjukkan peningkatan yang lebih baik; dan (3) terdapat interaksi antara model pembelajaran dan gaya belajar terhadap kemampuan pemecahan masalah matematis. Interaksi ini menunjukkan bahwa model kooperatif tipe Think Pair Share (TPS) mempengaruhi kemampuan pemecahan masalah siswa. Temuan ini menekankan pentingnya penyesuaian model pembelajaran dengan karakteristik gaya belajar siswa untuk meningkatkan hasil belajar matematika.

Copyrights © 2025






Journal Info

Abbrev

tarbiyah

Publisher

Subject

Religion Education Languange, Linguistic, Communication & Media Social Sciences

Description

Tarbiyah Journal published by Tarbiyah Science and Teacher Training Faculty, State Islamic University of North Sumatera Medan, Medan City, North Sumatera Province,Indonesia Tarbiyah Journal is published since 1993 for Vol.1, No.1 and have gotten ISSN on May 29, 2007. This journal focuses on ...