Pendidikan Agama Islam (PAI) memegang peranan strategis dalam membentuk karakter dan akhlak peserta didik. Tujuan dari penelitian ini adalah untuk menganalisis metode yang digunakan untuk meningkatkan pendidikan agama Islam di SMP N 3 Abung Selatan. Penelitian ini menggunakan pendekatan deskriptif kualitatif dan metode studi kasus. Kepala sekolah, guru PAI, dan peserta didik berpartisipasi dalam pengumpulan data melalui observasi, wawancara, dan dokumentasi. Hasil penelitian menunjukkan bahwa strategi pengembangan PAI di SMP N 3 Abung Selatan melibatkan beberapa komponen utama: peningkatan kualitas pendidik melalui pelatihan, pengembangan kurikulum Islam berbasis karakter, mengintegrasikan nilai-nilai Islam ke dalam kegiatan ekstrakurikuler, dan mengoptimalkan penggunaan teknologi dalam pembelajaran PAI. Selain itu, dukungan orang tua dan masyarakat sangat penting dalam meningkatkan hasil belajar PAI. Dengan menerapkan strategi-strategi ini, peserta didik diharapkan tidak hanya memperoleh pemahaman akademis Islam yang kuat tetapi juga menerapkan prinsip-prinsip Islam dalam kehidupan sehari-hari mereka.
Copyrights © 2025