Wedang Uwuh Sruput hadir sebagai minuman tradisional yang lebih modern karena sudah dibuat dalam bentuk serbuk. Produk ini merupakan salah satu produk unggulan dari hasil program kreativitas mahasiswa Program Studi Teknik Industri Universitas Sarjanawiyata Tamansiswa (UST) Yogyakarta dan saat ini dikelola oleh UMKM Sruput Jaya. Pemasaran dan distribusi Wedang Uwuh Sruput saat ini masih menggunakan cara personal selling pada lingkup lokal. Untuk mengembangkan pemasaran wedang uwuh instan ini dan memperkenalkannya lebih luas lagi pada level internasional sebagai minuman tradisional Indonesia yang memiliki banyak manfaat kesehatan, maka Program Studi Informatika UST menginisiasi kegiatan pengabdian kepada masyarakat yang bertujuan untuk memetakan strategi pemasaran digital bagi pasar internasional Wedang Uwuh Sruput. Kegiatan pengabdian kepada masyarakat ini dilaksanakan dalam bentuk Forum Group Discussion (FGD) yang dilakukan secara daring dengan peserta yang meliputi tim pengabdi dari Program Studi Informatika UST, FORMMIT, pengelola UMKM Sruput Jaya, dan akademisi lain di lingkungan Fakultas Teknik UST. Hasil dari kegiatan PkM ini adalah identifikasi peluang, tantangan, dan langkah strategis yang dapat diambil untuk memperkenalkan dan memasarkan produk wedang uwuh instan di pasar internasional khususnya Taiwan, dengan fokus pada penyesuaian produk, pendekatan pemasaran berbasis preferensi lokal, dan pemanfaatan media digital.
Copyrights © 2025