Journal of Education Informatic Technology and Science
Vol 6 No 2 (2024): Journal of Education Informatic Technology and Science (JeITS) Edisi Agustus 2024

PERAN GURU DALAM MENINGKATKAN MOTIVASI BELAJAR SISWA

Humaysah, Humaysah (Unknown)
wismanto , wismanto (Unknown)
Sholihat , Neng (Unknown)



Article Info

Publish Date
22 Apr 2025

Abstract

Abstrak Motivasi adalah kemampuan hati manusia dalam melakukan sesuat perasaan gembira karena tertarik pada sesuatu. Tujuan Artikel ini untuk mengenali apa saja faktor-faktornya melemahkan semangat serta kompetensi belajar siswa upaya pendidik untuk menumbuhkan semangat belajar siswa kerena Metode ini bersifat kualitatif, berbasis literatur. Penelitian ini dilakukan dengan literatur review yang ada berupa Al-Quran, hadist dan temuan penelitian. Faktor yang menimbulkan motivasi belajar yaitu kawan sebaya, lingkungan, sarana prasarana sekolah. Upaya yang dilakukan guru untuk memperbaiki diri Motivasi belajar meliputi menjelaskan planning yang ingin dicapai, membangunkan keinginan belajar dalam diri siswa, menciptakan suasana yang menyenangkan saat pembelajaran berlangsung, menggunakan berbagai metode penyajian yang menarik, menawarkan pujian yang wajar atas keberhasilan setiap siswa, penilaian. Kesimpulan Salah satu penyebab yang berperan besar terhadap peningkatan semangat Siswa adalah guru. Guru harus kompetensi pedagogi, keterampilan pribadi, keterampilan dan kualifikasi professional sosial. Guru lebih memperhatikan kondisi anak di kelas, apa yang siswa perlu pelajari, guru perlu mengetahuinya.

Copyrights © 2024






Journal Info

Abbrev

JeITS

Publisher

Subject

Computer Science & IT Education Other

Description

Journal of Education Informatic Technology and Science (JeITS) is an electronic periodical publication published by Faculty of Teacher Training and Education Universitas Muhammadiyah Riau, Indonesia. JeITS provides online media to publish scientific articles from research in the field of Informatic, ...