Jurnal Khasanah Pendidikan
Vol. 2 No. 3 (2024): JKP: Jurnal Khasanah Pendidikan, Mei 2024

Penerapan Pendekatan Pembelajaran Matematika Realistik dalam Meningkatkan Hasil Belajar Matematika Siswa Kelas V SDI Tanakaraeng Kecamatan Manuju Kabupaten Gowa

Muhammad Zakir (Unknown)
Syarifah Aeni Rahman (Unknown)
Syamsuriyanti (Unknown)



Article Info

Publish Date
31 May 2024

Abstract

MUHAMMAD ZAKIR. 2023. Penerapan Pendekatan Pembelajaran Matematika Realistik Dalam Meningkatkan Hasil Belajar Matematika Siswa Kelas V SDI Tanakaraeng Kecamatan Manuju Kabupaten Gowa, FKIP, Unismuh Makassar dibimbing oleh ibu Syarifah Aeni Rahman dan Ibu Syamsurianti. Penelitian ini adalah penelitian tindakan kelas (classroom action research) yang bertujuan untuk meningkatkan hasil belajar Matematika melalui penerapan pendekatan pembelajaran Matematika Realistik pada siswa kelas V SDI Tanakaraeng Kecamatan Manuju Kabupaten Gowa. Subjek penelitian ini adalah siswa kelas V SDI Tanakaraeng dengan jumlah siswa 20 orang yang terdiri dari 9 siswa laki-laki dan 11 siswa perempuan. Penelitian ini dilakukan dalam dua siklus yaitu siklus I yang dilakukan sebanyak 3 kali pertemuan (pertemuan pertama dan kedua untuk proses pembelajaran, dan pertemuan ketiga untuk kegiatan penilaian hasil belajar matematika) dan siklus II juga dilakukan sebanyak 3 kali pertemuan. Kedua siklus tersebut dilakukan selama 2 bulan ditambah dengan merangkum semua hasil penelitian yang ada. Hasil temuan dalam penelitian ini adalah peningkatan hasil belajar Matematika pada siswa kelas V SDI Tanakaraeng melalui penerapan pendekatan pembelajaran Matematika Realistik  adalah pada siklus I masuk dalam kategori rendah dengan jumlah nilai rata-rata 61 dengan ketuntasan belajar hanya mencapai 45%, sedangkan pada siklus II mengalami kemajuan dengan kategori tinggi dengan nilai rata-rata 82,5 dengan ketuntasan belajar sebesar 85% secara klasikal. Sehubungan dengan kesimpulan di atas, maka disarankan kepada guru supaya dapat memilih dan menggunakan pendekatan pembelajaran Matematika Realistik karena dapat memberikan pemahaman yang real sesuai dengan lingkungan keseharian siswa yang berketerkaitan matematika dengan kehidupan manusia pada dasarnya.

Copyrights © 2024






Journal Info

Abbrev

jkp

Publisher

Subject

Education Languange, Linguistic, Communication & Media Mathematics Other

Description

JKP: Jurnal Khasanah Pendidikan (E-ISSN 2985-7317) adalah jurnal ilmiah peer-review berkualitas tinggi dengan akses terbuka yang diterbitkan tiga kali setahun (Januari, Mei, September) oleh Penerbit Asian Publisher. JKP: Jurnal Khasanah Pendidikan berfokus pada artikel hasil penelitian, pemikiran, ...