Counseling and Humanities Review
Vol 5, No 1 (2025): Counseling and Humanities Review

Perbedaan akademik burnout pada mahasiswa kelas internasional ditinjau dari jenis kelamin

Ulandary, Ulfy (Unknown)
Ardi, Zadrian (Unknown)
Nurfarhanah, Nurfarhanah (Unknown)
Putriani, Lisa (Unknown)
Handani, Tri (Unknown)



Article Info

Publish Date
30 Mar 2025

Abstract

Akademik burnout merupakan kondisi kelelahan fisik, mental, dan emosional yang berdampak pada penurunan prestasi akademik, kesehatan belajar, serta kualitas hidup mahasiswa. Penelitian ini bertujuan untuk mendeskripsikan tingkat akademik burnout, serta mengetahui perbedaan akademik burnout antara mahasiswa laki-laki dan perempuan pada kelas internasional di Universitas Negeri Padang. Metode penelitian yang digunakan adalah metode kuantitatif dengan jenis penelitiann dekriptif komperatif. Sampel pada penelitian ini berjumlah 248 dengan 68 laki-laki dan 180 perempuan. Teknik pengambilan sampel dalam penelitian ini adalah total sampling. Teknik analisis data yang digunakan  uji-t. Hasil penelitian menunjukan bahwa akademik burnout mahasiswa kelas internasional secara keseluruhan berada pada kategori sedang (60,08%). Pada hasil uji-test terdapatnya perbedaan akademik burnout mahasiswa pada kelas internasional laki-laki dan perempuan dengan tarif signifikan p= 0,000 dimana lebih kecil dari 0,05, dilihat dari distribusi frekuensi antara laki-laki dengan kategori rendah (54,41%) dan perempuan dengan kategori sedang (66,11%), walaupun ada perbedaan, tetapi tidak terlalu mencolok secara praktis.

Copyrights © 2025






Journal Info

Abbrev

chr

Publisher

Subject

Humanities Education Neuroscience Other

Description

The aim of this journal is to publish articles dedicated to all aspects of the latest outstanding developments in the field of counseling and humanities ...