JISPE Journal of Islamic Primary Education
Vol. 6 No. 01 (2025): JISPE Journal of Islamic Primary Education

IMPLEMENTASI MODEL PEMBELAJARAN STAD BERBANTUAN MEDIA GAMBAR UNTUK MENINGKATKAN HASIL BELAJAR SISWA SEKOLAH DASAR

Rohyana, Hadi (Unknown)
Astuti, Widi (Unknown)
Nazwa, Siti Halimatu (Unknown)



Article Info

Publish Date
30 Jun 2025

Abstract

Penelitian ini bertujuan untuk mendeskripsikan penerapan model pembelajaran kooperatif tipe Student Teams Achievement Division (STAD) berbantuan media gambar untuk meningkatkan hasil belajar siswa sekolah dasar. Latar belakang penelitian ini adalah rendahnya hasil belajar siswa yang disebabkan oleh metode pembelajaran konvensional yang kurang melibatkan siswa secara aktif. Model STAD dipilih karena mendorong adanya kolaborasi, tanggung jawab kelompok, dan partisipasi aktif siswa dalam proses pembelajaran. Penggunaan media gambar sebagai alat peraga diharapkan dapat meningkatkan pemahaman konseptual dan memotivasi siswa untuk belajar. Penelitian ini menggunakan pendekatan kuantitatif dengan desain penelitian tindakan kelas (PTK) yang dilaksanakan dalam dua siklus. Subjek penelitian adalah siswa kelas V SD Bani Saleh. Data dikumpulkan melalui tes hasil belajar, observasi, dan dokumentasi. Hasil penelitian menunjukkan bahwa penerapan model STAD berbantuan media gambar meningkatkan hasil belajar siswa secara signifikan. Terjadi peningkatan nilai rata-rata siswa pada setiap siklus, disertai peningkatan aktivitas dan partisipasi siswa selama pembelajaran. Dengan demikian, model pembelajaran STAD berbantuan media gambar terbukti efektif dan direkomendasikan untuk digunakan dalam pembelajaran di sekolah dasar guna meningkatkan kualitas pembelajaran dan prestasi belajar siswa.

Copyrights © 2025






Journal Info

Abbrev

jispe

Publisher

Subject

Education Other

Description

JISPE Journal of Islamic Primary Education is an electronic journal published by The Faculty of Tarbiyah and Teacher Training of Institut Daarul Quran Jakarta Indonesia, The JISPE journal is dedicated to the study of Madrasah Ibtidaiyah education or Basic Education which focuses on and covers the ...