Permasalahan yang terjadi saat proses pembelajaran Sejarah Kebudayaan Islam ialah kurangnya antusias peserta didik dalam belajar, tidak serius bahkan pasif dalam mengikuti pembelajaran. Sebab terjadinya hal tersebut salah satunya karena fasilitas yang kurang memadai dan kemampuan guru dalam melakukan pengkondisian kelas yang kurang maksimal. Adapun tindakan pemecahan masalah ini bisa menggunakan strategi cooperative learning. Dalam strategi pembelajaran kooperatif peserta didik bekerja secara aktif untuk menyelesaikan suatu tugas dengan teman satu kelompok. Riset ini bermaksud mengamati implementasi pembelajaran kooperatif pada Sejarah Kebudayaan Islam kelas VI MIS Al-Islam Kota Bengkulu. Jenis riset yang diterapkan ialah penelitian kualitatif deskriptif. Metode pengumpulan data yang diterapkan yakni observasi, wawancara, serta dokumentasi. Temuan riset memperlihatkan (1) inisiatif pembelajaran kooperatif yang dilaksanakan oleh guru Sejarah Kebudayaan Islam di MIS Al-Islam telah berjalan dengan baik dapat terlihat dari proses aktivitas pendahuluan, inti, serta penutup dimana sebagian besar indikator telah tercapai dengan baik. (2) penggunaan model pembelajaran kooperatif dapat dikatakan cukup baik terlihat dari semangat serta keaktifan siswa sepanjang proses pembelajaran.
Copyrights © 2025