Jurnal Pendidikan dan Profesi Keguruan
Vol 4, No 2 (2025): Jurnal Pendidikan dan Profesi Keguruan

PENERAPAN KEMAMPUAN MEMBACA TEKS EKSPLANASI MELALUI MODEL QUANTUM LEARNING (QL) SISWA KELAS VIII SMP 33 KAUR

Duita, Santika Tyara (Unknown)
Ansyah, Edi (Unknown)
Andra, Vebbi (Unknown)



Article Info

Publish Date
07 Mar 2025

Abstract

Penelitian ini bertujuan untuk menganalisis penerapan model pembelajaran Quantum Learning (QL) terhadap kemampuan membaca teks eksplanasi pada siswa kelas VIII di SMP Negeri 33 Kaur. Penelitian ini menggunakan pendekatan kualitatif deskriptif dengan teknik pengumpulan data berupa observasi, wawancara, dan dokumentasi. Hasil penelitian menunjukkan bahwa penerapan model Quantum Learning yang melibatkan langkah-langkah seperti AMBAK (Apa Manfaatnya Bagiku), penataan lingkungan, pemupukan sikap juara, kebebasan gaya belajar, dan pembiasaan mencatat mampu menciptakan suasana pembelajaran yang interaktif dan menyenangkan. Selain itu, model ini efektif meningkatkan pemahaman siswa terhadap struktur dan isi teks eksplanasi. Faktor pendukung keberhasilan model ini adalah lingkungan belajar yang kondusif, penggunaan media pembelajaran yang variatif, dan keterlibatan aktif siswa. Namun, terdapat pula hambatan seperti keterbatasan sarana prasarana, perbedaan gaya belajar siswa, dan keterbatasan waktu. Dengan demikian, model Quantum Learning dapat dijadikan alternatif strategi pembelajaran untuk meningkatkan kemampuan membaca siswa secara efektif.

Copyrights © 2025






Journal Info

Abbrev

progresif

Publisher

Subject

Education Other

Description

urnal Pendidikan dan Profesi Keguruan menerbitkan naskah hasil penelitian dan review literatur dalam bidang ilmu pendidikan, profesi keguruan, dan pembelajaran teknologi dan ...