caXra: Jurnal Pendidikan Sekolah Dasar
Vol. 5 No. 1 (2025): Juni 2025

STRATEGI PEMBELAJARAN UNTUK ANAK BERKEBUTUHAN KHUSUS KATEGORI CERDAS DAN BAKAT ISTIMEWA (CIBI): TINJAUAN LITERATUR

Sari, Indah Permata (Unknown)
Mutaqin, Ejen Jenal (Unknown)
Alani, Nabella (Unknown)
Taofik, De Budi Irwan (Unknown)
Nurhuda, Asep (Unknown)
Nurfitriani, Annisa (Unknown)



Article Info

Publish Date
07 Jun 2025

Abstract

Penelitian ini bertujuan untuk menganalisis strategi pembelajaran yang tepat bagi anak berkebutuhan khusus kategori cerdas istimewa dan bakat istimewa (CIBI). Melalui metode studi literatur, artikel ini mengkaji karakteristik anak CIBI, pendekatan pembelajaran yang sesuai, serta peran lingkungan dalam mendukung perkembangan mereka. Hasil menunjukkan bahwa pembelajaran berdiferensiasi, strategi aktif berbasis pengalaman, serta dukungan kolaboratif dari guru dan orang tua sangat penting dalam mengoptimalkan potensi anak CIBI. Pendekatan yang adaptif dan responsif dibutuhkan agar anak-anak berbakat dapat berkembang secara akademik, sosial, dan emosional dalam lingkungan yang inklusif. Temuan ini memberikan implikasi bagi pengembangan kurikulum, pelatihan guru, dan kebijakan pendidikan untuk menjamin pemenuhan hak belajar anak-anak dengan kemampuan luar biasa.

Copyrights © 2025






Journal Info

Abbrev

caxra

Publisher

Subject

Education Environmental Science Mathematics Social Sciences Other

Description

Artikel di caXra: Jurnal Pendidikan Sekolah Dasar IPI Garut harus mengikuti fokus dan ruang lingkup jurnal ini. Fokus dan ruang lingkup jurnal ini dimaksudkan agar artikel tersaji sesuai bidang keahliannya. Adapuan fokus dan ruang lingkup tersebut diantaranya adalah: Penelitian Pendidikan Dasar ...