caXra: Jurnal Pendidikan Sekolah Dasar
Vol. 5 No. 1 (2025): Juni 2025

PENGARUH STUDENT TEAM ACHIEVEMENT DIVISION BERBANTUAN LKPD TERHADAP HASIL BELAJAR MATEMATIKA PESERTA DIDIK KELAS V SEKOLAH DASAR

Veronika, Dhea Octa (Unknown)
Destini, Frida (Unknown)
Hermawan, Jody Setya (Unknown)
Riswandi (Unknown)



Article Info

Publish Date
07 Jun 2025

Abstract

Penelitian ini bertujuan untuk menganalisis pengaruh penerapan model pembelajaran kooperatif tipe STAD yang didukung oleh Lembar Kerja Peserta Didik (LKPD) terhadap hasil belajar matematika peserta didik kelas V di SDN 6 Metro Utara. Penelitian ini menggunakan pendekatan kuantitatif dengan desain nonequivalent control group. Teknik pengambilan sampel dilakukan melalui nonprobability sampling dengan metode total sampling, yang melibatkan 25 peserta didik kelas VA sebagai kelompok eksperimen dan 25 peserta didik kelas VB sebagai kelompok kontrol. Berdasarkan hasil analisis data, diperoleh rata-rata nilai kelompok eksperimen sebesar 60,96, sementara kelompok kontrol memiliki rata-rata nilai 53,44. Uji hipotesis menunjukkan nilai signifikansi (2-tailed) sebesar 0,027, yang berada di bawah ambang batas 0,05, sehingga H₀ ditolak dan Hₐ diterima. Temuan ini mengindikasikan bahwa penerapan model STAD berbantuan LKPD berpengaruh secara signifikan dan positif terhadap peningkatan hasil belajar matematika peserta didik.

Copyrights © 2025






Journal Info

Abbrev

caxra

Publisher

Subject

Education Environmental Science Mathematics Social Sciences Other

Description

Artikel di caXra: Jurnal Pendidikan Sekolah Dasar IPI Garut harus mengikuti fokus dan ruang lingkup jurnal ini. Fokus dan ruang lingkup jurnal ini dimaksudkan agar artikel tersaji sesuai bidang keahliannya. Adapuan fokus dan ruang lingkup tersebut diantaranya adalah: Penelitian Pendidikan Dasar ...