caXra: Jurnal Pendidikan Sekolah Dasar
Vol. 5 No. 1 (2025): Juni 2025

MEDIA BLENDWACY 3D: SOLUSI VISUAL INTERAKTIF UNTUK PEMBELAJARAN SIKLUS AIR DI KELAS V SEKOLAH DASAR

Munawar, Muhamad Jamiul (Unknown)
Pratiwi, Anggia Suci (Unknown)
Nugraha, Mohammad Fahmi (Unknown)
Mulyani, N Leni Sri (Unknown)



Article Info

Publish Date
30 Jun 2025

Abstract

Penelitian ini bertujuan mengembangkan media pembelajaran IPA berbasis 3 dimensi dengan nama Blendwacy 3D pada materi siklus air untuk siswa kelas V SD Negeri 3 Cisaruni. Pengembangan dilakukan menggunakan model ADDIE, terbatas hingga tahap Development. Media dirancang menggunakan perangkat lunak Blender dan Canva, kemudian divalidasi oleh ahli media, materi, dan bahasa. Hasil validasi menunjukkan skor rata-rata 3,81 (media), 3,80 (materi), dan 4,00 (bahasa) dengan kategori “Sangat Baik”. Uji coba kepada 23 siswa menunjukkan respon positif dengan skor rata-rata 3,77. Blendwacy 3D dinilai layak, menarik, dan mudah digunakan dalam pembelajaran. Media ini membantu siswa memahami konsep siklus air yang abstrak melalui visualisasi dan interaksi. Penelitian ini mendukung penerapan pembelajaran konstruktivistik dan menjadi solusi inovatif berbasis teknologi ringan untuk sekolah dasar, khususnya yang memiliki keterbatasan perangkat digital.

Copyrights © 2025






Journal Info

Abbrev

caxra

Publisher

Subject

Education Environmental Science Mathematics Social Sciences Other

Description

Artikel di caXra: Jurnal Pendidikan Sekolah Dasar IPI Garut harus mengikuti fokus dan ruang lingkup jurnal ini. Fokus dan ruang lingkup jurnal ini dimaksudkan agar artikel tersaji sesuai bidang keahliannya. Adapuan fokus dan ruang lingkup tersebut diantaranya adalah: Penelitian Pendidikan Dasar ...