caXra: Jurnal Pendidikan Sekolah Dasar
Vol. 5 No. 1 (2025): Juni 2025

PENGARUH PENGGUNAAN BAHAN AJAR LIVEWORKSHEETS TERHADAP KEMAMPUAN BERPIKIR KREATIF DALAM PEMBELAJARAN IPAS SISWA KELAS IV SEKOLAH DASAR

Salsabila, Annisa (Unknown)
Khairani, Fadhilah (Unknown)
Pangestu, Deviyanti (Unknown)
Nurwahidin, Muhammad (Unknown)



Article Info

Publish Date
30 Jun 2025

Abstract

Penelitian ini bertujuan untuk menganalisis pengaruh bahan ajar liveworksheets terhadap kemampuan berpikir kreatif peserta didik dalam pembelajaran IPAS. Metode yang digunakan adalah eksperimen semu dengan desain nonequivalent control group. Sampel terdiri dari 39 siswa kelas IV yang dipilih secara purposive. Data dikumpulkan melalui tes uraian berdasarkan indikator berpikir kreatif. Hasil analisis menunjukkan bahwa nilai t hitung sebesar 4,054 lebih besar dari t tabel sebesar 2,026 pada taraf signifikansi 5%, sehingga Ho ditolak. Rata-rata N-Gain kelompok eksperimen juga lebih tinggi dibandingkan kelompok kontrol. Dapat disimpulkan bahwa penggunaan liveworksheets memberikan pengaruh signifikan terhadap peningkatan kemampuan berpikir kreatif peserta didik. Temuan ini mendukung penerapan bahan ajar digital interaktif untuk memperkuat keterampilan berpikir tingkat tinggi di sekolah dasar.

Copyrights © 2025






Journal Info

Abbrev

caxra

Publisher

Subject

Education Environmental Science Mathematics Social Sciences Other

Description

Artikel di caXra: Jurnal Pendidikan Sekolah Dasar IPI Garut harus mengikuti fokus dan ruang lingkup jurnal ini. Fokus dan ruang lingkup jurnal ini dimaksudkan agar artikel tersaji sesuai bidang keahliannya. Adapuan fokus dan ruang lingkup tersebut diantaranya adalah: Penelitian Pendidikan Dasar ...