Pengelolaan sarana dan prasarana pendidikan sangat penting untuk keberhasilan pembelajaran, khususnya di sekolah dengan keterbatasan sumber daya. Studi ini meneliti strategi pengelolaan efektif untuk meningkatkan efektivitas pembelajaran dengan menelaah hubungan antara manajemen fasilitas dan prestasi siswa. Metode penelitian kualitatif dan tinjauan pustaka terhadap 25 dokumen ilmiah terpilih digunakan untuk menganalisis lima dimensi pengelolaan fasilitas: perencanaan, pengadaan, pemanfaatan, pemeliharaan, dan evaluasi. Analisis tematik mengungkapkan bahwa strategi pengelolaan yang komprehensif, responsif terhadap kebutuhan lokal, dan melibatkan semua pemangku kepentingan, berdampak positif pada peningkatan pembelajaran kognitif, afektif, dan psikomotorik. Oleh karena itu, pengelolaan sarana dan prasarana yang terencana dan kontekstual meningkatkan kualitas pembelajaran dan membangun budaya sekolah yang kolaboratif dan akuntabel. Temuan ini berguna bagi kepala sekolah dan pengambil kebijakan untuk membangun manajemen fasilitas yang berkelanjutan, serta memperkaya pengetahuan di bidang manajemen pendidikan.
Copyrights © 2025