Mesada: Journal of Innovative Research
Vol. 2 No. 1 (2025): Januari-Juni

Penerapan Diskusi Belajar Mahasiswa dalam Melatih Pola Pikir Mahasiswa di Perpustakaan Universitas Islam Negeri Sumatera Utara

Ainul Mardiyah (Unknown)
Riska Hariyandani Daulay (Unknown)
Maisaroh Lubis (Unknown)
Hafiz Khairul Aqillah (Unknown)



Article Info

Publish Date
05 Jul 2025

Abstract

Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui penerapan metode diskusi belajar dalam meningkatkan pola pikir kritis mahasiswa dan kendala yang dihadapi di lingkungan perpustakaan Universitas Islam Negeri Sumatera Utara. Melalui wawancara dan observasi, studi ini menunjukkan bahwa diskusi belajar mampu mengembangkan pola pikir analitis dan kritis mahasiswa, serta memperkuat kemampuan komunikasi dan kerja sama. Kendala utama yang ditemukan meliputi fasilitas dan suasana belajar yang kurang kondusif. Hasil penelitian ini diharapkan dapat memberikan rekomendasi untuk meningkatkan efektivitas kegiatan diskusi belajar di kalangan mahasiswa.

Copyrights © 2025






Journal Info

Abbrev

mesada

Publisher

Subject

Religion Arts Humanities Education Other

Description

The focus and scope of Mesada: Journal of Innovative Research is on various issues in multidisciplinary fields, both as material objects and formal objects. We invite scientists, academics, researchers, practitioners, and observers of interdisciplinary studies to publish their research results in ...