Jurnal Literasi Pendidikan Fisika (JLPF)
Vol. 6 No. 1 (2025): April

Model Problem-Based Learning dan Model Problem-Solving: Perbedaan terhadap Hasil Belajar Siswa

Suryani, Yani (Unknown)
Sharmila (Unknown)
Amriyah, Chairul (Unknown)
Wiliyanti, Vandan (Unknown)



Article Info

Publish Date
30 Apr 2025

Abstract

Pembelajaran yang berpusat pada siswa, seperti Problem-Based Learning (PBL) dan Problem-Solving (PS), telah banyak diterapkan dalam pendidikan untuk meningkatkan hasil belajar, namun perbedaan efektivitas keduanya masih menjadi perdebatan. Penelitian ini bertujuan untuk membandingkan efektivitas model Problem-Based Learning (PBL) dan model Problem-Solving (PS) dalam meningkatkan hasil belajar siswa. Studi ini dilaksanakan di SMA Negeri 1 Menggala, Lampung, dengan melibatkan siswa kelas XI MIPA 1 dan XI MIPA 2. Metode kuasi-eksperimen dengan desain pretest-posttest non-equivalent control group. Instrumen penelitian meliputi lembar observasi dan soal uraian. Uji hipotesis dilakukan menggunakan uji-t. Hasil penelitian ini menunjukkan bahwa model PS lebih efektif dalam meningkatkan hasil belajar kognitif siswa dibandingkan dengan model PBL, dengan rerata nilai posttest sebesar 80,20 > 69,91. Selain memberikan pemahaman berbasis data mengenai efektivitas PBL dan PS, penelitian ini juga merekomendasikan kombinasi kedua model untuk mengoptimalkan hasil belajar sesuai dengan kebutuhan pembelajaran fisika.

Copyrights © 2025






Journal Info

Abbrev

JLPF

Publisher

Subject

Education Physics Social Sciences

Description

Jurnal Literasi Pendidikan Fisika (JLPF) is devoted to short communications, full-length research papers, and feature articles on studies or literature reviews in science education, especially physics education. This journal intended to be the media in spreading and communicating technological ...