Jurnal Didactical Mathematics
Vol. 7 No. 2 (2025)

Analisis Kesalahan Mahasiswa dalam Menyelesaikan Soal Barisan Bilangan Rill Berdasarkan Teori Kastolan

Tampubolon, Stephani Theresa Vania (Unknown)
Febrianti, Dwi Ayu (Unknown)
Tambunan, Engeli Emmanuela (Unknown)
Tarigan, Gita Helena (Unknown)
Simanullang, Michael Christian (Unknown)



Article Info

Publish Date
25 May 2025

Abstract

Penelitian ini bertujuan untuk menganalisis jenis kesalahan yang dilakukan oleh mahasiswa dalam mengerjakan soal barisan bilangan rill berdasarkan teori kastolan. Penelitian ini merupakan penelitian deskriptif kualitatif. Subjek penelitian  ini  ialah mahasiswa semester  VI  Program  Studi  Pendidikan matematika Universitas Negeri Medan. Teknik   pengambilan   sampel   dilakukan   dengan purposive sampling. Sampel yang diambil ialah 5 mahasiswa semester VI Program  Studi  Pendidikan matematika Universitas Negeri Medan. Instrumen  penelitian  yang  diberikan  berupa  tes  uraian  berjumlah  3 soal  pada materi barisan bilangan rill.  Berdasarkan hasil analisis terhadap jawaban mahasiswa pada materi barisan bilangan rill, dapat disimpulkan bahwa mahasiswa masih mengalami berbagai jenis kesalahan dalam menyelesaikan soal, yang mencerminkan kesulitan mereka dalam memahami materi secara konseptual, prosedural, maupun teknikal. Hasilnya menunjukkan bahwa kesalahan konseptual muncul akibat ketidakpahaman terhadap definisi atau teorema, seperti kesalahan dalam memahami arti "ekor" dari sebuah barisan dan konsep konvergensi. Kesalahan prosedural terjadi karena mahasiswa tidak mengikuti langkah-langkah penyelesaian yang tepat atau menyimpulkan secara tidak logis dari proses yang mereka lakukan. Sementara itu, kesalahan teknikal disebabkan oleh ketidaktelitian dalam penulisan simbol matematika dan manipulasi aljabar, bukan karena lemahnya pemahaman konsep.

Copyrights © 2025






Journal Info

Abbrev

dm

Publisher

Subject

Education Mathematics

Description

The scope of scientific articles that can be published in Jurnal Didactical Mathematics are as follows: Mathematics Education and Teaching, Method / Model / Strategy for Learning Mathematics, Media and Multimedia Learning Mathematics, Curriculum in Mathematics Teaching, Assessment and Evaluation in ...