Journal of Educational Science and E-Learning
Vol. 2 No. 1 (2025): Juni

Penerapan Model Pembelajaran Berbasis Proyek dengan Memanfaatkan Buku Pop Up sebagai Sarana untuk Meningkatkan Hasil Belajar IPAS Siswa Kelas IV

Sari, Nela Agustin Permata (Unknown)
Kirana, Anik (Unknown)
Supriyatin, Endang (Unknown)



Article Info

Publish Date
01 Jun 2025

Abstract

Studi ini bertujuan untuk meningkatkan prestasi belajar siswa dalam mata pelajaran IPAS mengenai norma dan adat istiadat di daerahku dengan menggunakan model Project Based Learning (PjBL) yang didukung oleh media buku Pop up. Studi ini menggunakan pendekatan PTK (Penelitian Tindakan Kelas) yang dilaksanakan dalam dua siklus di kelas IVA SDN Dukuh Kupang V Surabaya dengan jumlah subjek 27 siswa. Metode pengumpulan data meliputi observasi, wawancara, dokumentasi, dan ujian hasil pembelajaran dengan menggunakan analisis data kuantitatif dan kualitatif. Hasil penelitian menunjukkan peningkatan yang signifikan dalam hasil belajar siswa dari 40,7% (prasiklus) menjadi 85,1% (siklus II). Pemanfaatan buku pop-up dapat meningkatkan motivasi belajar, kreativitas, dan keterlibatan aktif siswa selama proses pembelajaran. Studi ini memberikan kontribusi signifikan dalam pendidikan IPAS yang berbasis proyek secara kreatif dan menyenangkan, serta menghadirkan solusi inovatif untuk mengatasi rendahnya hasil belajar yang disebabkan oleh metode pengajaran konvensional.

Copyrights © 2025






Journal Info

Abbrev

jese

Publisher

Subject

Education Languange, Linguistic, Communication & Media Other

Description

Journal of Educational Science and E-Learning (JESE) adalah jurnal ilmiah nasional yang berfokus pada penelitian dan pengembangan dalam inovasi dan teknologi bidang pendidikan, pembelajaran, dan e-learning. Jurnal ini terbit setahun dua kali yaitu pada bulan Juni dan Desember. Focus and Scope jurnal ...