Journal of Education, Cultural, and Politics
Vol. 5 No. 1 (2025): Eleventh Edition

Dampak strategi pembelajaran berdiferensiasi terhadap hasil belajar PPKn siswa SMP

Izsta, Muhammad Fadhil (Unknown)
Montessori, Maria (Unknown)
Indrawadi, Junaidi (Unknown)
Tiara, Monica (Unknown)



Article Info

Publish Date
18 Feb 2025

Abstract

Penelitian ini bertujuan untuk menganalisis dampak strategi pembelajaran berdiferensiasi terhadap hasil belajar Pendidikan Pancasila dan Kewarganegaraan siswa kelas VIII di SMP Negeri 25 Padang. Strategi ini dirancang untuk memenuhi kebutuhan belajar siswa yang beragam, baik dari segi gaya belajar, tingkat pemahaman, maupun minat. Penelitian dilakukan menggunakan metode eksperimen dengan desain control group design. Populasi penelitian mencakup seluruh siswa kelas VIII SMP Negeri 25 Padang tahun ajaran 2024/2025. Sampel diambil melalui teknik simple random sampling yang menghasilkan dua kelompok: kelas eksperimen dengan pembelajaran berdiferensiasi dan kelas kontrol dengan metode konvensional. Hasil penelitian menunjukkan pengaruh signifikan strategi pembelajaran berdiferensiasi terhadap hasil belajar siswa. Berdasarkan uji-t, diperoleh nilai sig (2-tailed) 0,000 < 0,05, sehingga Ho ditolak dan Ha diterima. Temuan ini membuktikan bahwa strategi pembelajaran berdiferensiasi mampu meningkatkan hasil belajar siswa secara signifikan dibandingkan metode pembelajaran konvensional. Dengan demikian, penerapan strategi ini dapat menjadi solusi untuk meningkatkan efektivitas pembelajaran.

Copyrights © 2025






Journal Info

Abbrev

jecco

Publisher

Subject

Education Social Sciences

Description

Journal of Education, Cultural and Politics (JECCO) invites scholars, researchers, practitioners, and graduate students to submit their empirical original research papers on Education, Cultural and ...