Penelitian ini bertujuan untuk menganalisis pelaksanaan, efektivitas, serta faktor pendukung dan penghambat Program Mukhayyam Al-Qur’an di SMPIT Madinah Al-Fatih Gadur. Program ini dirancang untuk meningkatkan kualitas hafalan Al-Qur’an siswa melalui berbagai kegiatan seperti pembukaan, tilawah bersama, halaqah Al-Qur’an, tahajud bersama, doa dan zikir, tadabur Al-Qur’an, rapat Musyrif-Musyrifah, hingga pemberian hadiah. Penelitian ini menggunakan metode kualitatif dengan pendekatan penelitian lapangan (field research). Untuk mendukung kajian, digunakan Website Dimensions dan aplikasi VOSviewer untuk melacak penelitian terdahulu dan mengidentifikasi kolaborasi antar penulis yang relevan dengan tema Mukhayyam Al-Qur’an. Hasil penelitian menunjukkan bahwa pelaksanaan program berjalan dengan lancar sesuai pedoman acara yang telah dirancang, meskipun masih diperlukan pengembangan konsep untuk peningkatan kualitas acara di masa mendatang. Program ini terbukti efektif dalam meningkatkan kualitas hafalan siswa, yang ditunjukkan oleh peningkatan nilai hafalan setelah mengikuti kegiatan. Faktor pendukung dan penghambat pelaksanaan program meliputi aspek sekolah, Musyrif-Musyrifah, siswa, serta sarana dan prasarana. Penelitian ini mengonfirmasi bahwa Mukhayyam Al-Qur’an adalah metode yang efektif dalam menjaga dan meningkatkan kualitas hafalan Al-Qur’an siswa.Kata Kunci: Mukhayyam Al-Qur’an, Kualitas Hafalan Siswa, SMPIT Madinah Al-Fatih Gadur
Copyrights © 2025