Jurnal Ilmu Pendidikan dan Psikologi (JIPPSI)
Vol 2 No 3 (2025): Jurnal Ilmu Pendidikan dan Psikologi

Implementasi Penguatan Pendidikan Karakter Disiplin melalui Pembiasaan di SMA Syaichona Cholil Samarinda

Andriawan, Muhammad Ferry (Unknown)
Hardoko , Aloysius (Unknown)
Bahzar , Moh. (Unknown)
Suryaningsi, Suryaningsi (Unknown)
Pardosi, Jawatir (Unknown)
Marwiah, Marwiah (Unknown)



Article Info

Publish Date
24 May 2025

Abstract

Penelitian ini bertujuan untuk mendeskripsikan implementasi penguatan pendidikan karakter disiplin melalui pembiasaan di SMA Syaichona Cholil Samarinda. Latar belakang penelitian ini berangkat dari keprihatinan akan lemahnya karakter disiplin siswa, yang tercermin dalam perilaku seperti keterlambatan hadir ke sekolah, ketidakpatuhan terhadap tata tertib, dan rendahnya tanggung jawab dalam menyelesaikan tugas. Penelitian ini menggunakan pendekatan kualitatif dengan metode studi kasus. Teknik pengumpulan data meliputi observasi, wawancara, dan dokumentasi. Subjek penelitian terdiri atas kepala sekolah, guru, dan siswa dari kelas X, XI, dan XII. Hasil penelitian menunjukkan bahwa pembiasaan memiliki peran signifikan dalam membentuk karakter disiplin siswa. Pembiasaan kehadiran tepat waktu dilakukan melalui absensi digital dan pengawasan guru piket setiap pagi, yang terbukti meningkatkan ketepatan waktu siswa. Pembiasaan kepatuhan terhadap tata tertib sekolah diwujudkan melalui pemeriksaan rutin, pengarahan harian, serta teladan dari guru yang mendorong siswa untuk menaati aturan sekolah. Sementara itu, pembiasaan tanggung jawab dalam menyelesaikan tugas diperkuat dengan sistem reward dan monitoring tugas yang mendorong siswa menyelesaikan tugas tepat waktu serta aktif dalam kegiatan sosial sekolah. Data kuantitatif menunjukkan peningkatan signifikan pada ketiga aspek disiplin setelah program pembiasaan diterapkan secara konsisten. Kesimpulannya, pembiasaan merupakan strategi yang efektif dan aplikatif dalam membentuk karakter disiplin siswa secara berkelanjutan di lingkungan sekolah.

Copyrights © 2025






Journal Info

Abbrev

jippsi

Publisher

Subject

Humanities Decision Sciences, Operations Research & Management Education Social Sciences

Description

Jurnal Ilmu Pendidikan dan Psikologi (JIPPSI) adalah jurnal yang bertujuan untuk mendiseminasikan hasil penelitian, pengkajian, dan penerapan teknologi yang didedikasikan untuk perkembangan terbaru di bidang ilmu pendidikan, keguruan, manajemen pendidikan, dan psikologi. Jurnal Ilmu Pendidikan dan ...