Berdasarkan analisis kebutuhan , ditemui bahwa guru memerlukan contoh media pembelajaran yang dapat membantu guru dalam proses pembelajaran  dikelas. Tujuan Penelitian  ini dilakukan untuk mengetahui kelayakan  atau kualitas Media dalam pembelajaran dikelas serta mendeskripsikan  Respon Peserta didik terhadap Media Kartu Domino yang dikembangkan. Jenis penelitian dan pengembangan dan peneiltian ini yaitu penelitian Research and Devlopment (R&D) dengan menerapkan tahapan yang disederhanakan oleh Borg and Gall  yaitu : 1) Potensi Masalah, 2) Pengumpulan data, 3) Desain Produk, 4) Validasi Desain, 5) Revisi Desain, 6) Uji Coba Produk, 7) Revisi Produk. Subjek penelitian yang dilibatkan pada penelitian ini adalah peserta didik kelas IV MIS Taqwa sebanyak 29 Responden . Pemerolehan data dalam penelitian ini diambil dari validasi ahli media dan ahle materi pembelajaran yang berguna untuk mengetahui kelayakan produk, kemudian uji coba pemakaian dengan guru dan peserta didik guna memperoleh data kelayakan produk , kemudian uji coba pemakaian produk dengan guru dan siswa guna memperoleh kelayakan Produk. Hasil penelitian dan pengembangan yang dilakukan memberikan keterangan keterangan bahwa produk media Kartu Domino yang dikembangkan termasuk dalam kategori “Sangat Layak” digunakan setelah melalui uji validasi dari ahli media dengan rentang nilai 92% dan 100%, dan rentang penilaian dari 93% dari ahli materi pembelajaran, dilihat dari uji kepraktisan melalui uji  coba produk oleh guru diperoleh persentase nilai 92%dan persentase nilai dari siswa  85,4%  dengan kategori “sangat layak”  digunakan sebagai media pembelajaran Kartu domino . Berdasarkan skor tersebut menunjukkan bahwa media pembelajaran kartu domino mempunyai kualitas “Sangat Layak” untuk digunakan
                        
                        
                        
                        
                            
                                Copyrights © 2025