IHSAN : Jurnal Pendidikan Islam
Vol. 3 No. 2 (2025): 2025

Landasan Teori, Penelitian Relevan, Kerangka Berpikir Dan Hipotesis Penelitian Pendidikan

Haura Hanifah (Unknown)
Lathifa Salsabillah (Unknown)
Allisa Tazkia Fitri (Unknown)
Riska Mona Febriani (Unknown)
Rully Hidayatullah (Unknown)
Harmonedi (Unknown)



Article Info

Publish Date
25 Apr 2025

Abstract

Penelitian ini bertujuan untuk menganalisis empat komponen utama dalam struktur penulisan penelitian pendidikan, yakni Landasan Teori, Penelitian Relevan, Kerangka Berpikir Dan Hipotesis Penelitian Pendidikan. Penelitian ini menggunakan pendekatan studi kepustakaan. Pendekatan ini digunakan untuk menelusuri keterkaitan antar elemen utama dalam struktur penelitian pendidikan. Hasil penelitian menunjukkan bahwa banyak proposal penelitian pendidikan belum secara optimal mengintegrasikan keempat elemen penting dalam struktur penulisan. Ketidakterpaduan antara landasan teoritis, tinjauan studi relevan, kerangka konseptual, dan hipotesis menyebabkan lemahnya alur penalaran ilmiah. Temuan juga menunjukkan bahwa beberapa proposal hanya menonjolkan satu atau dua elemen, sementara elemen lainnya kurang mendapat perhatian. Kondisi ini menandakan perlunya pendekatan yang lebih holistik dalam menyusun proposal agar mampu mencerminkan kualitas akademik yang kuat. Studi ini menyimpulkan bahwa pemahaman yang mendalam dan pengembangan sistematis terhadap elemen-elemen ini sangat penting bagi peneliti pendidikan, khususnya pemula, untuk menghasilkan penelitian yang ketat dan berdampak

Copyrights © 2025






Journal Info

Abbrev

ihsan

Publisher

Subject

Humanities Education Languange, Linguistic, Communication & Media Other

Description

Fokus dan Ruang Lingkup Ihsan: Jurnal Pendidikan Islam menerima naskah asli yang tidak diterbitkan dalam bahasa Indonesia atau Inggris, berdasarkan penelitian dari metodologi penelitian kuantitatif, kualitatif, campuran, atau metodologi apa pun yang terkait dengan ...