Mutu karya ilmiah di Perguruan Tinggi Keagamaan Islam (PTKI) masih menjadi perhatian, terutama karena lemahnya kemampuan dalam merumuskan masalah penelitian yang bermakna. Penelitian ini bertujuan untuk menganalisis strategi-strategi efektif dalam menemukan dan merumuskan masalah penelitian di lingkungan PTKI guna meningkatkan kualitas karya ilmiah. Metode yang digunakan adalah studi kepustakaan dengan pendekatan kualitatif, mengkaji berbagai sumber primer dan sekunder seperti jurnal ilmiah, buku metodologi, dan dokumen kebijakan pendidikan. Temuan penelitian menunjukkan bahwa strategi seperti analisis literatur kritis, observasi empirik, dialog dengan pemangku kepentingan, dan keterlibatan dalam forum ilmiah merupakan pendekatan efektif dalam mengidentifikasi masalah yang relevan dan aktual. Penerapan strategi tersebut berkontribusi terhadap peningkatan mutu karya ilmiah, penguatan budaya riset, dan pengembangan kebijakan pendidikan Islam berbasis bukti. Implikasi dari temuan ini mendorong perlunya penguatan kapasitas akademisi PTKI dalam proses identifikasi masalah sebagai bagian penting dari peningkatan daya saing institusi di tingkat nasional dan global
                        
                        
                        
                        
                            
                                Copyrights © 2025