Pendidikan Islam memainkan peran vital dalam membentuk karakter religius peserta didik melalui kurikulum yang terintegrasi dengan nilai-nilai wahyu. Kurikulum ini bukan hanya sarana administratif, tetapi juga instrumen pembinaan iman, akhlak, dan pengetahuan. Tujuan penelitian ini adalah untuk memahami konsep kurikulum pendidikan Islam dari perspektif Al-Qur’an dan Hadits serta relevansinya dalam membentuk karakter religius peserta didik. Metode yang digunakan adalah studi pustaka dengan pendekatan kualitatif, menggunakan sumber primer seperti ayat Al-Qur’an dan Hadits, serta sumber sekunder dari literatur ilmiah. Hasil kajian menunjukkan bahwa kurikulum pendidikan Islam mengintegrasikan nilai-nilai spiritual, moral, dan intelektual berdasarkan QS. Al-Baqarah: 177, 151 dan QS. Ali Imran: 164 serta hadits-hadits Nabi tentang pendidikan akhlak, ilmu, dan pembiasaan dini. Kurikulum tersebut juga terbukti relevan dalam menghadapi tantangan global seperti digitalisasi, krisis moral, dan disintegrasi ilmu. Implikasinya, kurikulum Islam harus terus diperbarui secara adaptif namun tetap berlandaskan pada ajaran wahyu demi membentuk generasi yang unggul dan berdaya saing tinggi.
Copyrights © 2025