Jurnal Pengabdian Sosial
Vol. 2 No. 8 (2025): Juni

Optimalisasi Penguatan Kualitas Layanan dalam Meningkatkan Loyalitas Konsumen di PT. Sasana Lintas Indo dengan metode PAR

Khairani, Maulida (Unknown)
Indra, Yetti Afrida (Unknown)
Hasibuan, Rahmat Putra Ahmad (Unknown)



Article Info

Publish Date
18 Jun 2025

Abstract

Pengabdian ini bertujuan untuk meningkatkan kualitas layanan dan loyalitas konsumen di PT. Sasana Lintas Indo melalui pendekatan partisipatif berupa pelatihan dan pendampingan. Strategi yang digunakan mengintegrasikan prinsip pelayanan prima, nilai-nilai syariah, dan pemanfaatan pemasaran digital. Metode yang diterapkan adalah Participatory Action Research (PAR) yang mencakup perencanaan, pelatihan, implementasi, dan evaluasi. Kegiatan ini melibatkan karyawan dan manajemen dalam perancangan serta pelaksanaan strategi layanan digital. Hasilnya menunjukkan adanya peningkatan kepuasan pelanggan, kualitas layanan, serta interaksi digital, disertai penurunan keluhan. Evaluasi juga memberi penguatan materi pelatihan dan penguatan sistem umpan balik. Secara keseluruhan, kegiatan ini berhasil membangun fondasi peningkatan layanan dan loyalitas konsumen secara berkelanjutan dalam industri transportasi berbasis nilai syariah.

Copyrights © 2025






Journal Info

Abbrev

jps

Publisher

Subject

Religion Computer Science & IT Economics, Econometrics & Finance Education Law, Crime, Criminology & Criminal Justice Public Health Social Sciences

Description

Jurnal Pengabdian Sosial published every month (12 times a year), contains disseminates every thought and idea on the results of research and the use of technology to be implemented to the public, including field of science; Mathematics and Natural Sciences, Applied, Social, Law, Culture, Economics, ...