Jurnal Pengabdian Sosial
Vol. 2 No. 8 (2025): Juni

Belajar Bahasa Palembang Melalui Kegiatan Drama Interaktif Untuk Siswa Sekolah Dasar

Aprianti, Intan (Unknown)
Andriani, Margareta (Unknown)
Puspasari, Atika (Unknown)



Article Info

Publish Date
29 Jun 2025

Abstract

Tujuan dari pelatihanl ini adalah untuk mengenalkan serta meningkatkan kemampuan siswa Sekolah Dasar dalam menggunakan Bahasa Palembang sebagai bagian dari pelestarian budaya lokal. Kegiatan ini dilaksanakan melalui pendekatan drama interaktif yang melibatkan siswa secara langsung dalam praktik berbahasa melalui dialog dan pementasan sederhana. Metode pelaksanaan mencakup penjelasan materi kebahasaan, latihan dialog, penampilan peran, serta sesi refleksi. Kegiatan ini dilaksanakan di SD Negeri 8 dan SD Negeri 16 Tanjung Lago, Desa Sumber Mekar Mukti, dan melibatkan siswa kelas IV dan V. Hasil kegiatan menunjukkan adanya peningkatan antusiasme siswa dalam mempelajari kosakata dan ungkapan khas Bahasa Palembang, meningkatnya keberanian siswa berbicara di depan kelas, serta tumbuhnya sikap positif terhadap budaya lokal. Dengan demikian, drama interaktif terbukti menjadi metode yang efektif, edukatif, dan menyenangkan dalam pembelajaran bahasa daerah, sekaligus menjawab tantangan pelestarian budaya lokal di kalangan generasi muda.

Copyrights © 2025






Journal Info

Abbrev

jps

Publisher

Subject

Religion Computer Science & IT Economics, Econometrics & Finance Education Law, Crime, Criminology & Criminal Justice Public Health Social Sciences

Description

Jurnal Pengabdian Sosial published every month (12 times a year), contains disseminates every thought and idea on the results of research and the use of technology to be implemented to the public, including field of science; Mathematics and Natural Sciences, Applied, Social, Law, Culture, Economics, ...