Kemampuan visual spasial sangatlah penting bagi anak untuk kehidupannya di masa yang akan datang karena akan mempengaruhi kemampuan anak dalam memecahkan masalah yang berhubungan dengan bentuk, warna, garis dan konsep ruang. Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui pengaruh permainan tradisional anjang-anjangan terhadap kemampuan visual spasial anak di Taman Kanak-kanak Qur’an Darul Muttaqin. Pada penelitian ini peneliti akan menganalisia apakah permainan anjang-anjangan dapat memberikan pengaruh terhadap perkembangan kemampan visual spasial pada anak usia 5- 6 tahun. Metode penelitian ini adalah menggunakan metode experimental study case dengan rancangan one group pretest postest. Populasi penelitian adalah peserta didik di Taman Kanak-kanak Al Qur’an Darul Muttaqin. Penentuan kelas eksperimen digunakan sistem purvose sampel dimana subjek penelitian adalah anak dengan rentang usia 5-6 tahun. Hasil penelitian menunjukkan bahwa nilai signifikansi (2-tailed) pada df 20 (n-1) adalah 0,00 < 0.05 yang berarti H1 diterima dan H0 ditolak. Dengan demikian menunjukkan bahwa terdapat pengaruh permainan tradisional anjang-anjangan terhadap kemampuan visual spasial anak usia dini.
Copyrights © 2025