Penilaian dalam pembelajaran Pendidikan Agama Islam (PAI) di tingkat Sekolah Dasar (SD) dan Madrasah Ibtidaiyah (MI) memiliki peran penting dalam mengevaluasi pencapaian kompetensi peserta didik. Penelitian ini menganalisis teknik penilaian yang digunakan dalam kurikulum PAI di SD/MI, menentukan teknik yang tepat untuk mengukur ketercapaian indikator, serta merancang penilaian dalam dokumen Rencana Pelaksanaan Pembelajaran (RPP). Hasil analisis menunjukkan bahwa teknik penilaian yang umum digunakan meliputi tes tertulis, observasi, penilaian diri, dan penilaian antarteman. Namun, implementasi teknik penilaian non-tes, seperti observasi dan penilaian diri, masih menghadapi kendala, terutama terkait pemahaman dan keterampilan guru dalam menerapkannya secara efektif. Dalam perancangan RPP, penting untuk mencantumkan tujuan penilaian, teknik dan instrumen yang digunakan, serta kriteria dan rubrik penilaian yang jelas. Peningkatan kompetensi guru dalam merancang dan menerapkan berbagai teknik penilaian, khususnya yang bersifat non-tes, sangat diperlukan untuk mencapai tujuan pembelajaran PAI yang holistik.
                        
                        
                        
                        
                            
                                Copyrights © 2025