FOKUS : Kajian Bimbingan dan Konseling dalam Pendidikan
Vol. 8 No. 3 (2025): Vol 8, No 3 Mei 2025

PENINGKATAN INTIMASI PERTEMANAN MELALUI PERMAINAN DALAM BIMBINGAN KELOMPOK

Nathasya, Hervina (Unknown)
Rozzaqyah, Fadhlina (Unknown)
Eka Putri, Yola (Unknown)



Article Info

Publish Date
13 May 2025

Abstract

Penelitian ini bertujuan untuk mengukur peningkatan intimasi pertemanan pada siswa kelas VII di SMP Indralaya Utara melalui permainan kelompok dalam bimbingan kelompok. Metode yang digunakan adalah pra-eksperimental dengan desain penelitian one-group pretest-posttest. Partisipan pada penelitian ini terdiri atas 12 orang siswa yang dipilih secara purposive sampling dari hasil pretest untuk menciptakan kelompok yang heterogen. Instrumen penelitian ini menggunakan angket intimasi pertemanan yang diadaptasi dari Sharabany (1994) dengan reliabilitas α = 0,83. Hasil uji paired sample t-test menunjukkan peningkatan signifikan (t = -5,37, p < 0.001). Rata-rata skor meningkat dari 62,75 (pretest) menjadi 98,58 (posttest), dengan persentase kenaikan sebesar 19%. Temuan ini mendukung penggunaan permainan kelompok sebagai strategi pengembangan keterampilan sosial sekolah terutama intimasi pertemanan siswa.

Copyrights © 2025






Journal Info

Abbrev

fokus

Publisher

Subject

Education Environmental Science Public Health Social Sciences Other

Description

Fokus publishes original research or theoretical papers about teaching and learning in Guidance and Counseling study program of IKIP Siliwangi Bandung on current science issues, namely: Guidance and Counseling educator in elementary, secondary and high school level. Guidance and Counseling observers ...