Matematika IPA sebagai mata kuliah pendukung agar mahasiswa mampu menggunakan matematika sebagai alat bantu dalam penguasaan materi-materi IPA sangat membutuhkan penilaian dari mahasiswa sebagai pengguna layanan. Oleh karena itu, penelitian ini dilakukan dengan tujuan untuk mengetahui kualitas layanan pembelajaran Matematika IPA dan untuk mengetahui dimensi dan layanan apa saja yang menjadi prioritas dalam meningkatkan layanan pembelajaran Matematika IPA kedepannya. Penelitian ini merupakan penelitian kuantitatif dengan pendekatan deskriptif. Sampel dalam penelitian ini yaitu semua mahasiswa semester 1 yang mempelajari mata kuliah Matematika IPA salah satu perguruan tinggi di Sulawesi Barat.Teknik pengumpulan data yang digunakan adalah dokumentasi dan kuesioner. Instrumen yang digunakan adalah kuesioner. Data yang diperoleh diolah menggunakan metode Importance Performance Analysis. Hasil yang diperoleh dalam penelitian ini adalah kualitas layanan pembelajaran Matematika IPA secara keseluruhan sudah berkualitas karena rata-rata tingkat kesesuaian layanan yang dialami dan layanan yang diharapkan mencapai 98,07%. Terdapat 5 dari 20 butir layanan yang menjadi prioritas utama perbaikan yang tersebar pada empat dimensi yaitu dimensi keandalan, daya tanggap, jaminan, dan bukti fisik.
Copyrights © 2025