Jurnal Pengabdian Masyarakat Bangsa
Vol. 3 No. 4 (2025): Juni

Implementasi Program KKNT Semester Ganjil 2024/2025: Pembangunan Tugu Desa Bangun Jaya sebagai Simbol Identitas Lokal

Ariyadi, Tamsir (Unknown)
Rosyad, Farlin (Unknown)
Fatoni, Fatoni (Unknown)
Paramitha IS, Nina (Unknown)
Meria, Desi (Unknown)
Permata, Sindi (Unknown)



Article Info

Publish Date
08 Jun 2025

Abstract

Kegiatan pembangunan Tugu Desa Bangun Jaya dalam program Kuliah Kerja Nyata Tematik (KKNT) Semester Ganjil 2024/2025 bertujuan untuk memperkuat identitas desa dan meningkatkan kebersamaan masyarakat. Proyek ini melibatkan mahasiswa dan masyarakat dalam perencanaan, pelaksanaan, dan pemeliharaan tugu yang mencerminkan karakter lokal desa. Metode yang digunakan dalam kegiatan pembangunan Tugu Desa Bangun Jaya meliputi: Pendekatan Partisipatif: Melibatkan masyarakat melalui musyawarah desa untuk merancang dan menyepakati pembangunan Tugu Desa, Observasi Lapangan, Pendampingan Teknis, Media Visual, dan Evaluasi Partisipatif. Hasil yang dicapai mencakup peningkatan kebersamaan, terciptanya simbol identitas desa, pengalaman praktis bagi mahasiswa, serta potensi ekonomi melalui wisata. Meskipun ada kendala terkait sumber daya dan logistik, kegiatan ini berhasil diselesaikan dengan kerja sama yang solid antar pihak terkait.

Copyrights © 2025






Journal Info

Abbrev

jpmba

Publisher

Subject

Agriculture, Biological Sciences & Forestry Arts Humanities Civil Engineering, Building, Construction & Architecture Computer Science & IT Economics, Econometrics & Finance Education Energy Health Professions Industrial & Manufacturing Engineering Law, Crime, Criminology & Criminal Justice Mathematics Medicine & Pharmacology Nursing Physics Public Health Social Sciences

Description

Jurnal Pengabdian Masyarakat Bangsa published every month (12 times a year), contains disseminates every thought and idea on the results of research and the use of technology to be implemented to the public, including field of science; Mathematics and Natural Sciences, Applied, Social, Law, Culture, ...