Jurnal Pengabdian Masyarakat Bangsa
Vol. 3 No. 4 (2025): Juni

Penerapan Metode Kisah Qurani (Qashashul Quran) dalam Meningkatkan Minat Belajar Siswa di TPA Babussalam Palembang

Zanita, Erlina (Unknown)
Nashihin, Indat (Unknown)
Suhendar, Asep (Unknown)
Pratama, Joni (Unknown)
Harun, Muhamad (Unknown)



Article Info

Publish Date
18 Jun 2025

Abstract

Kegiatan pengabdian ini bertujuan untuk menanamkan nilai-nilai karakter Islam kepada anak-anak TPA Babussalam Palembang melalui metode kisah Qurani (Qashashul Quran). Anak-anak usia dini cenderung lebih mudah menyerap nilai melalui pendekatan naratif yang menyentuh emosi dan imajinasi. Kisah para nabi dalam Al-Qur’an digunakan sebagai media pembelajaran karakter, seperti kejujuran (Nabi Yusuf), kesabaran (Nabi Ayyub), dan tolong-menolong (kisah Ashabul Kahfi). Metode yang digunakan pada saat kegiatan ini meliputi : Storytelling interaktif oleh pemateri, tanya jawab dan diskusi nilai dari kisah, aktivitas menggambar kisah dan game edukatif berbasis nilai dari kisah yang sudah diceritakan. Berdasarkan hasil evaluasi yang dilakukan dari Kegiatan Pengabdian kepada Masyarakat (PkM) yang dilakukan dengan menggunakan metode Kisah Qurani (Qashashul Quran) diperoleh hasil yang sangat baik dalam meningkatkan pemahaman dari kisah-kisah nabi di dalam Al-Qur’an merupakan kegiatan yang positif dan harus dijadikan sebagai kegiatan berkelanjutan untuk anak-anak di TPA Babussalam.

Copyrights © 2025






Journal Info

Abbrev

jpmba

Publisher

Subject

Agriculture, Biological Sciences & Forestry Arts Humanities Civil Engineering, Building, Construction & Architecture Computer Science & IT Economics, Econometrics & Finance Education Energy Health Professions Industrial & Manufacturing Engineering Law, Crime, Criminology & Criminal Justice Mathematics Medicine & Pharmacology Nursing Physics Public Health Social Sciences

Description

Jurnal Pengabdian Masyarakat Bangsa published every month (12 times a year), contains disseminates every thought and idea on the results of research and the use of technology to be implemented to the public, including field of science; Mathematics and Natural Sciences, Applied, Social, Law, Culture, ...