Program Indonesia Pintar (PIP) merupakan upaya pemerintah dalam mendukung akses pendidikan bagi pelajar dari keluarga miskin atau rentan miskin melalui bantuan tunai. Namun, rendahnya tingkat literasi keuangan di kalangan pelajar menyebabkan penggunaan dana PIP tidak selalu sesuai tujuan, sehingga kegiatan ini bertujuan untuk meningkatkan pemahaman dan kemampuan pelajar dalam mengelola dana bantuan secara bijak. Penelitian ini dilaksanakan melalui kegiatan sosialisasi literasi keuangan yang diberikan kepada 42 pelajar penerima PIP di SMP Negeri 2 Tanjung Morawa. Metode yang digunakan mencakup tiga tahap: persiapan, pemberian materi, dan evaluasi, dengan pendekatan pre-test dan post-test guna mengukur efektivitas peningkatan literasi keuangan. Materi sosialisasi mencakup pemahaman dasar tentang Dana PIP dan penggunaannya, pentingnya menabung, serta cara menyusun anggaran sederhana dari dana PIP. Hasil analisis menunjukkan adanya peningkatan signifikan terhadap tingkat literasi keuangan pelajar setelah kegiatan berlangsung, dengan proporsi pelajar dalam kategori literasi tinggi meningkat dari 67,4% menjadi 86%. Temuan ini menunjukkan bahwa sosialisasi literasi keuangan merupakan strategi efektif dalam meningkatkan kemampuan pelajar dalam mengelola bantuan pendidikan secara bertanggung jawab. Kegiatan ini diharapkan dapat diadopsi oleh instansi pendidikan lainnya dan diperluas cakupannya untuk mencakup guru dan orang tua demi mendukung keberhasilan Program Indonesia Pintar secara menyeluruh
                        
                        
                        
                        
                            
                                Copyrights © 2025