Journal of Classroom Action Research
Vol. 7 No. SpecialIssue (2025): Maret 2025

Pengembangan Media Buku SUKAR (Susun Kartu Huruf) Untuk Meningkatkan Kemampuan Membaca Siswa Kelas 1 SDN 48 Kumbe Kota Bima

Julianti, Putri (Unknown)
Fatimah, Nunung (Unknown)
Tri Chayadi, Anggih (Unknown)



Article Info

Publish Date
31 Mar 2025

Abstract

Penelitian ini dilatar belakangi oleh rendahnya kemampuan membaca siswa. Media pembelajaran yang digunakan yaitu media buku Susun Kartu Huruf (SUKAR). Penelitian ini bertujuan untuk meningkatkan kemampuan membaca siswa kelas 1 sd, dengan cara mengembangkan media buku SUKAR. Penelitian ini termaksud jenis Penelitian dan Pengembangan (R&D) menggunakan prosedur pengembangan ADDIE (Analisis, Desain, Pengembangan, Implementasi dan Evaluasi). Subjek penelitian yaitu seluruh siswa kelas 1b SDN 48 Kumbe Kota Bima. Metode pengumpulan data yang digunakan yaitu: Angket atau Kuensioner, Observasi dan Dokumentasi. Teknik analisis data yaitu: Analisis Deskriptif Kuantitatif, Analisis Data Kualitatif dan Uji Gain (N-Gain). Penelitian ini menunjukan bahwa penggunaan media buku SUKAR untuk meningkatkan kemampuan membaca siswa kelas 1 dikatakan berhasil diterapkan. Dari hasil penelitian yang dilakukan dapat disimpulkan media buku SUKAR dapat meningkatkan kemampuan membaca siswa kelas 1 SDN 48 Kumbe Kota Bima.

Copyrights © 2025






Journal Info

Abbrev

jcar

Publisher

Subject

Education Other

Description

Journal of Classroom Action Reseach (Jurnal Penelitian Tindakan kelas) e-ISSN:2656-2340 , p-ISSN: 2656-3460 adalah jurnal yang memuat artikel hasil penelitian-penelitian kelas baik dari kalangan guru, dosen, maupun dari hasil penelitian mahasiswa. Journal of Classroom Action Reseach merupakan salah ...