Penelitian ini dilatar belakangi oleh rendahnya kemampuan membaca siswa. Media pembelajaran yang digunakan yaitu media buku Susun Kartu Huruf (SUKAR). Penelitian ini bertujuan untuk meningkatkan kemampuan membaca siswa kelas 1 sd, dengan cara mengembangkan media buku SUKAR. Penelitian ini termaksud jenis Penelitian dan Pengembangan (R&D) menggunakan prosedur pengembangan ADDIE (Analisis, Desain, Pengembangan, Implementasi dan Evaluasi). Subjek penelitian yaitu seluruh siswa kelas 1b SDN 48 Kumbe Kota Bima. Metode pengumpulan data yang digunakan yaitu: Angket atau Kuensioner, Observasi dan Dokumentasi. Teknik analisis data yaitu: Analisis Deskriptif Kuantitatif, Analisis Data Kualitatif dan Uji Gain (N-Gain). Penelitian ini menunjukan bahwa penggunaan media buku SUKAR untuk meningkatkan kemampuan membaca siswa kelas 1 dikatakan berhasil diterapkan. Dari hasil penelitian yang dilakukan dapat disimpulkan media buku SUKAR dapat meningkatkan kemampuan membaca siswa kelas 1 SDN 48 Kumbe Kota Bima.
                        
                        
                        
                        
                            
                                Copyrights © 2025