Journal of Classroom Action Research
Vol. 7 No. 2 (2025): Mei 2025

Pengaruh Penggunaan Model Numbered Heads Together Berbantuan Media Wordwall Terhadap Pemahaman Konsep Matematika Pada Materi Pecahan Siswa Kelas V Di SDN 28 Cakranegara

Ananda, Maulani Nurasri (Unknown)
Istiningsih, Siti (Unknown)
Wahyuningsih, Baiq Yuni (Unknown)
Hidayati, Vivi Rachmatul (Unknown)



Article Info

Publish Date
17 May 2025

Abstract

Pemahaman konsep matematika siswa menurut Programme for International Student Assesment (PISA) menunjukan penurunan yang cukup mengkhawatirkan. Permasalahan yang terjadi di SDN 28 Cakranegara adalah rendahnya hasil tes pemahaman konsep matematika pada materi pecahan kelas V. Penelitian ini bertujuan untuk mengevaluasi Pengaruh penggunaan Model Pembelajaran Numbered Heads Together berbantuan media Wordwall terhadap pemahaman konsep matematika pada materi pecahan siswa kelas V di SDN 28 Cakranegara. Model pembelajaran Numbered HeadsTogether merupakan salah satu model pembelajaran kooperatif yang menuntut siswa untuk aktif dalam kelompok. Penelitian ini menggunakan pendekatan kuantitatif dengan desain penelitian Quasi Eksperiment dan tipe nonequivalent control grup. Subjek penelitian pada penelitian ini adalah siswa kelas V sebanyak 43 siswa yang diplih mmenggunakan tehnik sampling jenuh. Tehnik analisis data menggunakan uji prasyarat terlebih dahulu berupa uji normalitas dan homogenitas. Data yang diperoleh berupa hasil pre-test dan post-test serta hasil observasi. Analisis data menggunakan uji independent sample T-test menggunakan bantuan SPPS 25.0 For Windows. Hasil penelitian menunjukan adanya pengaruh penggunaan model Pembelajaran Numbered Heads Together berbantuan media Wordwall terhadap pemahaman konsep matematika pada materi pecahan siswa kelas V di SDN 28 Cakranegara, dengan nilai rata-rata post-test kelas eksperimen sebesar 83,18. Hasil uji independent sample T-test sebesar 0,000 < 0,05 dan hasil uji effect size mendapat nilai sebesar 0,8822 menunjukan bahwa pengaruh yang cukup besar. Hasil penelitian ini mendukung pemgembangan model pembelajaran yang lebih efektif dalam membantu peningkatan mutu pembelajaran.

Copyrights © 2025






Journal Info

Abbrev

jcar

Publisher

Subject

Education Other

Description

Journal of Classroom Action Reseach (Jurnal Penelitian Tindakan kelas) e-ISSN:2656-2340 , p-ISSN: 2656-3460 adalah jurnal yang memuat artikel hasil penelitian-penelitian kelas baik dari kalangan guru, dosen, maupun dari hasil penelitian mahasiswa. Journal of Classroom Action Reseach merupakan salah ...