Program pengabdian masyarakat ini bertujuan untuk meningkatkan kualitas pembelajaran matematika di SD Negeri 28 Sawang, Aceh Utara, melalui pengembangan dan implementasi game edukasi berbasis teknologi, Mathematics Adventure. Game ini dirancang untuk siswa kelas III dengan tujuan membantu mereka memahami konsep operasi bilangan bulat, seperti penjumlahan, pengurangan, perkalian, dan pembagian, melalui pendekatan yang interaktif dan menyenangkan. Kegiatan ini melibatkan analisis kebutuhan pengguna, pengembangan game menggunakan platform Unity, pelatihan bagi guru, serta implementasi dan evaluasi langsung kepada siswa. Hasil evaluasi menunjukkan bahwa penggunaan Mathematics Adventure berhasil meningkatkan minat dan motivasi siswa dalam belajar matematika, dengan 90% siswa menunjukkan antusiasme yang lebih besar dan peningkatan pemahaman konsep sebesar 20%. Guru juga merasakan manfaat signifikan dari media pembelajaran ini, yang dinilai efektif dalam menyampaikan materi matematika dengan cara yang lebih menarik. Melalui program ini, siswa tidak hanya memperoleh pengalaman belajar yang lebih menyenangkan tetapi juga mengembangkan keterampilan digital dasar. Diharapkan kegiatan ini dapat menjadi inspirasi untuk pengembangan lebih lanjut media pembelajaran berbasis teknologi, serta mendorong kolaborasi yang berkelanjutan antara pendidik dan pengembang.
Copyrights © 2025