Naskhi: Jurnal Kajian Pendidikan dan Bahasa Arab
Vol 7 No 1 (2025): Volume 7 Nomor 1 April 2025

Tahlīl Kitāb "Durus al-Lughah al-‘Arabiyyah ‘alā al-Tarīqah al-Ḥadīthah li-Imām Zarkashī wa Imām Shūbānī" ‘inda Naẓariyyat Greene dan Petty

Nistya Setiawan, Rifki (Unknown)
Munawwir, Ahmad (Unknown)
Hakim, Azizul (Unknown)
AR, Amran (Unknown)



Article Info

Publish Date
27 Apr 2025

Abstract

Penelitian ini bertujuan untuk mengidentifikasi metodologi penulisan dan penyajian materi dalam buku Durusullugah ‘Arabiyyah ‘Ala At-Thariqah Al-Haditsah, serta menilai kualitasnya sebagai buku teks pelajaran bahasa Arab berdasarkan teori Greene dan Petty. Penelitian ini merupakan studi kepustakaan dengan pendekatan analisis deskriptif, yang memberikan gambaran sistematis dan objektif terhadap isi buku. Hasil penelitian menunjukkan bahwa buku ini memuat materi percakapan, tata bahasa, dan morfologi yang disusun secara bertahap untuk mendukung empat keterampilan berbahasa: menyimak, berbicara, membaca, dan menulis. Dari segi bahasa, penggunaan Bahasa Arab dinilai mudah dipahami oleh siswa. Aspek penyajian materi cukup baik, meskipun tujuan pembelajaran hanya tercantum dalam buku panduan guru. Dari sisi fisik, buku dicetak dengan ukuran standar dan desain grafis yang cukup mendukung. Namun, masih terdapat kekurangan, seperti minimnya ilustrasi yang dapat membantu pemahaman dan meningkatkan interaktivitas pembelajaran. Secara keseluruhan, kualitas buku dinilai baik tetapi memerlukan perbaikan pada aspek visual dan penyampaian materi. Hasil penelitian ini diharapkan dapat menjadi acuan bagi penulis dan penerbit dalam meningkatkan mutu buku teks Bahasa Arab

Copyrights © 2025






Journal Info

Abbrev

naskhi

Publisher

Subject

Education Languange, Linguistic, Communication & Media

Description

Aim Naskhi Journal: Journal of Education and Arabic Language Studies is a journal that focuses on the study of Arabic language education as a foreign language, Arabic linguistics, the history of Arabic language education, as well as various critical studies about the problems of learning Arabic ...