Penelitian ini bertujuan untuk mengidentifikasi metodologi penulisan dan penyajian materi dalam buku Durusullugah ‘Arabiyyah ‘Ala At-Thariqah Al-Haditsah, serta menilai kualitasnya sebagai buku teks pelajaran bahasa Arab berdasarkan teori Greene dan Petty. Penelitian ini merupakan studi kepustakaan dengan pendekatan analisis deskriptif, yang memberikan gambaran sistematis dan objektif terhadap isi buku. Hasil penelitian menunjukkan bahwa buku ini memuat materi percakapan, tata bahasa, dan morfologi yang disusun secara bertahap untuk mendukung empat keterampilan berbahasa: menyimak, berbicara, membaca, dan menulis. Dari segi bahasa, penggunaan Bahasa Arab dinilai mudah dipahami oleh siswa. Aspek penyajian materi cukup baik, meskipun tujuan pembelajaran hanya tercantum dalam buku panduan guru. Dari sisi fisik, buku dicetak dengan ukuran standar dan desain grafis yang cukup mendukung. Namun, masih terdapat kekurangan, seperti minimnya ilustrasi yang dapat membantu pemahaman dan meningkatkan interaktivitas pembelajaran. Secara keseluruhan, kualitas buku dinilai baik tetapi memerlukan perbaikan pada aspek visual dan penyampaian materi. Hasil penelitian ini diharapkan dapat menjadi acuan bagi penulis dan penerbit dalam meningkatkan mutu buku teks Bahasa Arab
Copyrights © 2025