Al-Irsyad: Journal of Education Science
Vol 4 No 2 (2025): Juli 2025

PENGEMBANGAN MEDIA PEMBELAJARAN BERBASIS APLIKASI ASSEMBLR EDU PADA PEMBELAJARAN IPAS KELAS V

Silmi, Nazilah Rikhmatus (Unknown)
Larasati, Diyas Age (Unknown)
Noerhartati, Endang (Unknown)



Article Info

Publish Date
07 Jul 2025

Abstract

Penelitian ini berawal dari adanya masalah mengenai proses pembelajaran yang kurang efektif pada siswa dan guru kelas belum memanfaatkan media pembelajaran berbasis teknologi. Tujuan dari penelitian ini untuk menggembangkan media pembelajaran berbasis aplikasi Assemblr Edu. Metode yang digunakan adalah Research and Development (R&D) dengan pendekatan pengembangan ADDIE yaitu Analisis, Desain, Pengembangan, Implementasi, dan Evaluasi. Proses pengumpulan data dilakukan melalui angket validasi dan dianalisis menggunakan skala likert. Hasil validasi menunjukkan media pembelajaran yang dirancang memperoleh persentase kelayakan sebesar 84% dari ahli media dan 95% dari ahli materi, yang keduanya dikategorikan sangat valid. Media pembelajaran dirancang dalam bentuk card yang terintegrasi dengan visualisasi 3D melalui pemindaian barcode menggunakan aplikasi Assemblr Edu, sehingga mempermudah siswa memahami materi secara interaktif. Media dinyatakan layak dan efektif digunakan sebagai alternatif dalam mendukung proses pembelajaran IPAS di kelas V.

Copyrights © 2025






Journal Info

Abbrev

jse

Publisher

Subject

Education

Description

Al-Irsyad: Journal of Education Science (AIJES), sebuah jurnal nasional peer-review elektronik, menyediakan forum untuk menerbitkan artikel penelitian asli, artikel ulasan dari kontributor, dan berita teknologi baru yang terkait dengan Ilmu Pendidikan. Jurnal ini disediakan untuk penulis, guru, ...