Sulawesi Tenggara Educational Journal
Vol 5 No 1: April (2025)

Kecerdasan Spiritual dan Peran PAI dalam Meningkatkan Kualitas Kehidupan Siswa

Jumsir, Jumsir (Unknown)
Amaluddin, Amaluddin (Unknown)
Zamri, Zamri (Unknown)
Rizal, Muhammad (Unknown)
Sudarmin, Sudarmin (Unknown)



Article Info

Publish Date
30 Apr 2025

Abstract

Kecerdasan spiritual (SQ) merupakan salah satu dimensi kecerdasan manusia yang sangat penting dalam pembentukan karakter dan peningkatan kualitas kehidupan siswa, terutama di lingkungan pendidikan. Dalam konteks pendidikan agama Islam (PAI), peran pendidikan agama dalam mengembangkan SQ sangat besar, karena PAI tidak hanya menanamkan pengetahuan agama, tetapi juga mengajarkan nilai-nilai moral dan spiritual yang akan membentuk kepribadian siswa. Penelitian ini bertujuan untuk mengkaji peran PAI dalam meningkatkan kualitas kehidupan siswa melalui pengembangan kecerdasan spiritual mereka. Penelitian ini menggunakan studi literatur yang memfokuskan pada sumber-sumber teoretis dan empiris mengenai hubungan antara kecerdasan spiritual dan pendidikan agama di sekolah-sekolah. Hasil penelitian ini menunjukkan bahwa kecerdasan spiritual dapat meningkatkan kualitas kehidupan siswa dalam aspek pribadi, sosial, dan akademik. PAI memiliki peran yang signifikan dalam membantu siswa memahami dan mengaplikasikan nilai-nilai spiritual dalam kehidupan sehari-hari. Melalui pendekatan yang tepat, PAI dapat menjadi sarana yang efektif untuk membentuk siswa yang tidak hanya cerdas secara intelektual, tetapi juga memiliki karakter yang kuat dan seimbang.

Copyrights © 2025






Journal Info

Abbrev

seduj

Publisher

Subject

Religion Humanities Education Languange, Linguistic, Communication & Media Mathematics Other

Description

Sultra Educational Journal (Seduj) adalah terbitan berkala ilmiah yang diterbitkan oleh Fakultas Keguruan dan Ilmu Pendidikan Universitas Sulawesi Tenggara. Seduj terbit tiga kali dalam setahun pada bulan April, Agustus, dan Desember. Seduj menjadi sarana publikasi bagi para akademisi, peneliti, dan ...