Sulawesi Tenggara Educational Journal
Vol 5 No 1: April (2025)

Strategi PAI dalam Membentuk Generasi Milenial yang Bertanggung Jawab Sosial

Asran, Asran (Unknown)
Amaluddin, Amaluddin (Unknown)
Bulan, Sri (Unknown)
S, Anita (Unknown)
Kadang, Harni (Unknown)



Article Info

Publish Date
30 Apr 2025

Abstract

Pendidikan Agama Islam (PAI) memiliki peran yang sangat penting dalam membentuk karakter generasi milenial yang bertanggung jawab sosial. Dalam konteks ini, PAI tidak hanya mengajarkan ajaran agama, tetapi juga membentuk nilai-nilai sosial yang dapat membentuk sikap dan perilaku positif terhadap masyarakat. Studi ini bertujuan untuk menganalisis strategi-strategi yang diterapkan dalam pembelajaran PAI untuk membentuk generasi milenial yang bertanggung jawab sosial. Berdasarkan penelitian literatur yang dilakukan, PAI dapat membangun karakter sosial melalui berbagai pendekatan, seperti pembelajaran berbasis nilai-nilai sosial agama, kolaborasi dalam kegiatan sosial, serta penerapan pendidikan karakter dalam kehidupan sehari-hari. Melalui strategi ini, siswa diajarkan untuk menghargai perbedaan, berempati, dan memiliki kepedulian terhadap masalah sosial di sekitarnya. Dengan menggunakan pendekatan yang holistik dan berbasis pada ajaran agama yang relevan, PAI dapat membentuk generasi milenial yang lebih peduli terhadap sesama dan bertanggung jawab sosial. Penelitian ini memberikan gambaran bahwa pembelajaran PAI memiliki kontribusi signifikan dalam mendukung perkembangan sosial dan karakter siswa di era digital yang penuh tantangan ini.

Copyrights © 2025






Journal Info

Abbrev

seduj

Publisher

Subject

Religion Humanities Education Languange, Linguistic, Communication & Media Mathematics Other

Description

Sultra Educational Journal (Seduj) adalah terbitan berkala ilmiah yang diterbitkan oleh Fakultas Keguruan dan Ilmu Pendidikan Universitas Sulawesi Tenggara. Seduj terbit tiga kali dalam setahun pada bulan April, Agustus, dan Desember. Seduj menjadi sarana publikasi bagi para akademisi, peneliti, dan ...