Hikamatzu Journal of Multidisciplinary Research
Vol. 2 No. 1 (2025): Multidisciplinary Approach

Keterampilan Teknis Kepala Sekolah Dalam Meningkatkan Kinerja Tenaga Kependidikan di Madrasah Tsanawiyah (MTs) Batusitanduk

Masita (Unknown)
Tasdin Tahrim (Unknown)
Firmansyah (Unknown)
Firman Patawari (Unknown)
Sarmila (Unknown)



Article Info

Publish Date
18 Jun 2025

Abstract

Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui: (1) kinerja tenaga kependidikan, (2) penerapan keterampilan teknis kepala sekolah dalam meningkatkan kinerja tenaga kependidikan, di madrasah tsanawiyah (MTs) Batusitanduk. Jenis penelitian yang digunakan adalah jenis penelitian lapangan dengan format desain deskriptif kualitatif. Penelitian ini menggunakan pendekatan deskriptif. Teknik pengumpulan data yang digunakan yaitu observasi, wawancara dan studi dokumentasi. Subjek penelitian ini yaitu kepala sekolah dan tenaga kependidikan. Hasil penelitian ini menunjukkan bahwa: 1) kinerja tenaga kependidikan di MTs Batusitanduk sudah cukup baik karena telah memenuhi lima indikator kinerja, yaitu kualitas kerja, kuantitas kerja, ketepatan waktu, efektivitas, dan komitmen. Tenaga kependidikan bekerja sesuai tujuan, menyelesaikan tugas tepat waktu dan mengikuti standar, dan menunjukkan motivasi tinggi saat menghadapi tantangan kerja.; 2) penerapan keterampilan teknis kepala sekolah dalam meningkatkan kinerja tenaga kependidikan di MTs Batusitanduk dilakukan dengan cara memberikan motivasi, penghargaan, mendisiplinkan, memberikan pelatihan, melakukan rapat evaluasi yang dilaksanakan setiap triwulan dan rapat setiap semester, kepala sekolah melengkapi sarana prasarana, serta memberi tanggung jawab kepada tenaga kependidikan untuk memelihara dan melaporkan kerusakan fasilitas.

Copyrights © 2025






Journal Info

Abbrev

hjm

Publisher

Subject

Religion Humanities Economics, Econometrics & Finance Languange, Linguistic, Communication & Media Library & Information Science

Description

The Hikamatzu Journal of Multidisciplinary Research stands as a beacon of intellectual exploration and collaboration, providing a scholarly platform for the intersection of diverse fields of study. Rooted in the pursuit of knowledge across a broad spectrum, this esteemed journal fosters a dynamic ...