Penelitian ini bertujuan untuk meningkatkan hasil belajar mahasiswa program studi tadris matematika UIN Imam Bonjol Padang melalui penerapan model pembelajaran think talk write (TTW). Model pembelajaran TTW merupakan perpaduan dari tiga proses yaitu berpikir (think), berbicara (talk), dan menulis (write) pada proses pembelajaran. Penerapan model akan dapat mengembangkan pemahaman mahasiswa tentang suatu materi. Jenis dari penelitian ini yaitu penelitian tindakan kelas, dengan subjek penelitian adalah sebanyak 31 orang mahasiswa. Untuk instrumen penelitian ini yaitu soal tes hasil belajar untuk siklus I dan siklus II. Hasil penelitian yaitu terdapat dua siklus berupa pada siklus I didapatkan kategori kurang dengan ketuntasan klasikal hasil belajar siswa pada siklus I adalah 41, 9% dan siswa yang tidak tuntas sebesar 58,1% sehingga pada siklus I ini belum memenuhi syarat ketuntasan klasikal yaitu ≥ 85%. Untuk siklus II adanya peningkatan hasil belajar, yaitu ketuntasan hasil belajar pada siklus II telah 100% sehingga memenuhi nilai ketuntasan klasikal yaitu ≥ 85%.
                        
                        
                        
                        
                            
                                Copyrights © 2025