Paedagogi: Jurnal Kajian Ilmu Pendidikan (e-journal)
Vol. 9 No. 1 (2023): JUNE 2023

Optimalisasi Pengenalan Huruf Melalui Metode Visumotor Pada Anak Tunagrahita Ringan di SDN Kota Kediri

Fitriani, Nisa (Unknown)
Ilma, Zulfa Ma’rifatul (Unknown)
Saraswati, Ayu Ridho (Unknown)



Article Info

Publish Date
02 Jun 2023

Abstract

Layaknya peserta didik lainnya, peserta didik dengan tunagrahita ringan memiki hak untuk memperoleh ketrampilan dasar akademik yaitu mengenal huruf. Untuk mengoptimalkan ketrampilan tersebut maka peneliti tertarik untuk meneliti pengaruh metode visumotor terhadap perkembangan pengenalan huruf pada anak tunagrahita ringan. Subjek penelitian ini adalah seorang peserta didik berusia 11 tahun yang termasuk klasifikasi tunagrahita. Penelitian ini menggunakan teknik wawancara dan observasi untuk memperoleh data.  Hasil penelitian disimpulkan bahwa metode visumotor cukup efektif dilakukan untuk mengenalkan huruf abjad pada anak berkebutuhan khusus dalam klasifikasi tunagrahita ringan, dengan perlu digarisbawahi, tidak semua tahapan pemberian metode visumotor yang tertera dalam penulisan penelitian ini efektif untuk diberikan khususnya pada anak tunagrahita yang memiliki gangguan mood dan gangguan fokus yang cukup serius.

Copyrights © 2023






Journal Info

Abbrev

PAEDAGOGI

Publisher

Subject

Education Other

Description

Paedagogi: Jurnal Kajian Ilmu Pendidikan (e-journal) current issues and issues about study of educational science, development of learning models, digital technologies in education, innovative learning environments, adaptive learning, gamified leaning, and results of research in the field of ...