Paedagogi: Jurnal Kajian Ilmu Pendidikan (e-journal)
Vol. 10 No. 1 (2024): JUNE 2024

Transformasi Literasi Sains melalui Video Pembelajaran IPA Berbantuan Aplikasi Doratoon

Sihombing, Jesika Merdisinta (Unknown)
Ananda, Lala Jelita (Unknown)
Perangin-Angin, Laurensia Masri (Unknown)
Usman, Khairul (Unknown)
Nasution, Yusra (Unknown)



Article Info

Publish Date
30 Jun 2024

Abstract

Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui kelayakan, kepraktisan dan keefektifan video pembelajaran IPA menggunakan aplikasi Doratoon berbasis literasi sains. Jenis penelitian ini menggunakan penelitian pengembangan atau research and development (R&D) dengan model ADDIE yang terdiri dari 5 tahapan yaitu tahap analisis, perancangan, pengembangan, implementasi, dan evaluasi. Subjek pada penelitian ini adalah peserta didik berjumlah 29 orang dan 1 orang guru kelas V SDN 173175 Simarpinggan. Teknik pengumpulan data menggunakan teknik wawancara, dokumentasi, angket, dan tes. Hasil validasi oleh ahli materi dan ahli media adalah œSangat Layak. Uji kepraktisan oleh praktisi pendidikan menyatakan bahwa video pembelajaran œSangat Praktis dan hasil respon peserta didik diperoleh pada uji coba perorangan dan uji coba kelompok kecil menunjukkan bahwa video pembelajaran œSangat Praktis. Berdasarkan hasil uji keefektifan diketahui bahwa setelah menggunakan video pembelajaran yang dikembangkan terlihat peningkatan hasil belajar  masing-masing peserta didik. Dilihat dari rata-rata nilai peserta didik berada pada kategori ˜Tuntas™ dan œEfektif setelah menggunakan video pembelajaran. Dari penelitian dan data yang ditemukan dapat disimpulkan bahwa video pembelajaran IPA menggunakan aplikasi Doratoon berbasis literasi sains layak  untuk digunakan dalam pembelajaran.

Copyrights © 2024






Journal Info

Abbrev

PAEDAGOGI

Publisher

Subject

Education Other

Description

Paedagogi: Jurnal Kajian Ilmu Pendidikan (e-journal) current issues and issues about study of educational science, development of learning models, digital technologies in education, innovative learning environments, adaptive learning, gamified leaning, and results of research in the field of ...