Artikel ini merupakan kajian teoritis yang membahas peran filsafat pendidikan dalam merumuskan tujuan dan nilai-nilai dalam proses pembelajaran. Latar belakang penulisan ini berangkat dari kebutuhan akan pendekatan pendidikan yang tidak hanya menekankan aspek kognitif, tetapi juga penguatan karakter, moral, dan keterampilan sosial di tengah tantangan zaman modern. Melalui pendekatan konseptual, artikel ini mengulas pemikiran-pemikiran dasar dalam filsafat pendidikan serta teori-teori utama seperti perennialisme, progressivisme, rekonstruksionisme, dan konstruktivisme. Ulasan ini menekankan pentingnya integrasi nilai-nilai imanen—keadilan, kebenaran, dan kebaikan—dalam praktik pendidikan sehari-hari. Kesimpulannya, filsafat pendidikan memberikan landasan normatif dan praktis untuk menciptakan sistem pendidikan yang holistik, inklusif, dan relevan dengan kebutuhan masyarakat kontemporer. Artikel ini diharapkan dapat menjadi kontribusi teoritis dalam pengembangan paradigma pendidikan yang berorientasi pada pembentukan manusia seutuhnya. Goals and Values in the Learning Process Based on the Philosophy of Education This article is a theoretical study that explores the role of philosophy of education in formulating the goals and values within the learning process. The background of this study arises from the need for an educational approach that not only emphasizes cognitive aspects but also strengthens character, morality, and social skills amid modern challenges. Through a conceptual approach, this article reviews fundamental ideas in the philosophy of education and major theories such as perennialism, progressivism, reconstructionism, and constructivism. The review highlights the importance of integrating immanent values—justice, truth, and goodness—into everyday educational practice. In conclusion, the philosophy of education provides normative and practical foundations to create a holistic, inclusive, and relevant educational system aligned with contemporary societal needs. This article aims to contribute theoretically to the development of an education paradigm oriented towards the formation of the whole person. Keywords: Philosophy of Education, Educational Goals, Educational Values, Conceptual Article.
Copyrights © 2025