Hasil belajar matematika siswa yang rendah masih menjadi tantangan dalam pendidikan, terutama pada mata pelajaran yang menuntut kemampuan pemecahan masalah. Salah satu faktor yang diduga mempengaruhi hasil belajar adalah kemandirian belajar, yakni kemampuan siswa untuk mengatur, mengontrol, dan memotivasi diri tanpa bergantung pada bimbingan eksternal. Penelitian ini bertujuan untuk menganalisis pengaruh kemandirian belajar terhadap hasil belajar matematika pada jenjang pendidikan SMA. Penelitian ini dilakukan dengan metode kuantitatif menggunakan desain ex-post facto dan pendekatan Structural Equation Modeling (SEM) untuk menganalisis pengaruh kemandirian belajar terhadap hasil belajar matematika. Dalam penelitian ini, data diperoleh dari 170 siswa kelas XI SMA Negeri Taekas Tahun ajaran 2024/2025. Hasil analisis menunjukkan bahwa variabel kemandirian belajar memiliki pengaruh signifikan terhadap hasil belajar matematika, dengan koefisien determinasi sebesar 58%. Hal ini berarti bahwa variabel kemandirian belajar berkontribusi sebesar 58% terhadap variasi hasil belajar matematika siswa kelas XI SMA Negeri Taekas.
                        
                        
                        
                        
                            
                                Copyrights © 2025