Jurnal Pendidikan dan Pembelajaran Indonesia (JPPI)
Vol. 5 No. 3 (2025): Jurnal Pendidikan dan Pembelajaran Indonesia (JPPI), 2025 (3)

Efektifitas Pelatihan Komputer Berbasis E Learning di Lembaga Kursus dan Pelatihan Techade.Id

Humam, Fachrizal Amirul (Unknown)
Malik, Abdul (Unknown)
Siswanto, Yudi (Unknown)



Article Info

Publish Date
03 Jul 2025

Abstract

Banyaknya gen Z yang sudah dalam usia produktif membuat mereka juga akan mencari berbagai cara alternatif untuk mengasah kemampuan dan minat mereka. Salah satunya dengan mengikuti kursus atau pelatihan, terutama kursus dan pelatihan secara daring atau E learning. Salah satu contoh LKP yang menggunakan pembelajaran E learning LKP Techade.id. Namun, pembelajaran berbasis E learning ini masih terbilang banyak hal bisa mempengaruhi keefektifitas dari pembelajaran E learning baik itu dari faktor internal maupun external. Penelitian ini menggunakan desain penelitian kuantitatif eksperimen yaitu salah satu jenis penelitian kuantitatif yang bertujuan untuk mengetahui pengaruh dari variabel independen terhadap variabel dependen dalam suatu kondisi yang telah ditetukan penenliti. Penelitian ini, mengambil 40 pesrta didik yang menjadi sempel penelitan, kemudian akan dibagi menjadi 2 kelompok masing-masing 20 peserta didik. Teknik pengambilan data yang digunakan adalah kuisoner yang menggunakan skala Likert. Hasil dari pengujian data yang diperoleh menuntjukan pada t hitung 14,019 > 2,097 (df 19) t table, hal tersebut menunjukan hipotesis diterima atau pembelajaran berbasis e-learning berjalan dengan efektif. Jika dilihat dari hasil pengamatan jumlah data, data yang diambil pada kelompok eksperimen atau kelompok yang melakukan pembelajaran dengan e-learning menunjukan banyak yang memilih sangat setuju hingga mencapai 52,2%. Hal tersebut dipengaruhi oleh bebera faktor yang mendukung seperti peserta didik yang merasa lebih bebas mengeksplorasi materi yang disajikan karena tidak terikat oleh waktu. 

Copyrights © 2025






Journal Info

Abbrev

jppi

Publisher

Subject

Education Languange, Linguistic, Communication & Media Other

Description

Jurnal Pendidikan dan Pembelajaran Indonesia (JPPI) dengan p-ISSN: 2797-2879 dan e-ISSN: 2797-2860 merupakan jurnal pendidikan dan pembelajaran yang menerbitkan artikel hasil kajian teori dan hasil penelitian dibidang pendidikan dan pembelajaran pada satuan pendidikan sekolah dasar, satuan ...